Apa itu Exclamation?

exclamation sentence, Cara penggunaannya dalam bahasa Inggris

Exclamation dapat diartikan sebagai kata seruan. Dua kata yang umum digunakan sebagai exclamation adalah “what” dan “how”. Kata-kata tersebut digunakan ketika seseorang menyatakan perasaannya secara spontan karena terkejut, sedih, kagum, heran dan sebagainya. Ketika menggunakan exclamation sentences, suara akan sedikit ditekan. Dalam bentuk tulisan, exclamation akan diakhiri oleh tanda seru (!) atau exclamation mark.

Beberapa orang sering salah mengartikan exclamation sebagai interjection yang juga berarti kata seru. Tapi sebenarnya kedua jenis kata tersebut sangatlah berbeda, walaupun keduanya sama-sama mengekspresikan suatu perasaan. Agar lebih jelas tentang perbedaan keduanya, silahkan baca artikel Perbedaan Exclamation dan Interjection.

Exclamation Sentences

Exclamation Sentences adalah kalimat seru yang digunakan untuk menyatakan perasaan secara spontan dan bernada agak tinggi atau ditekan. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan exclamation dalam kalimat.

  • Oh my God!
    (ya Tuhan!)
  • Thank God !
    (
    terima kasih Tuhan!)
  • Damn, that’s so badass! (non-formal)
    (wow, itu keren sekali!)
  • For heaven sake
    (
    Ya Tuhan!)

Exclamation juga mempunyai pola kalimat yang sering dipakai. Berikut ada cara penggunaan exclamation dengan pola “what” dan “how”

1. Pola kalimat “What”.

What pada kalimat exclamation akan memiliki arti “betapa” atau “alangkah”. Memang berbeda dari arti dasarnya yaitu “apa” atau “apakah”. Adapun pola yang digunakan untuk membuat exclamation sentences dengan kata what adalah seperti berikut:

Whata + noun / noun phrase

What dalam exclamation sentences akan selalu diikuti oleh noun atau noun phrase yang berbentuk singular dan countable. Contoh penggunaan exclamation sentences dengan kata what dapat dilihat pada kalimat berikut:

  • What a wonderful car you have!
    (alangkah hebatnya mobilmu)
  • What a difficult task!
    (alangkah sulitnya pekerjaan itu!)
  • What a nice day!
    (Betapa hari yang indah!)
  • What a funny joke!
    (Betapa lucunya lelucon itu!)

What + noun / noun phrase

Ketika digunakan dengan noun yang berbentuk jaman (plural) atau uncountable (tidak bisa dihitung), cukup dihilangkan kata “a” yang biasanya ada sebelum noun atau noun phrase. Contoh kalimatnya seperti berikut:

  • What beautiful ladies they are !
    (Alangkah cantiknya wanita-wanita itu!)
  • What nonsense !
    (Alangkah tidak masuk akal!)

2. Pola kalimat “How

How juga diartikan menjadi “alangkah” atau “betapa” dalam kalimat exclamation, walaupun arti sebenarnya dari how adalah “bagaimana”. Pola penggunaan kata how dalam exclamation sentence sedikit berbeda dengan pola kata what. Kata how akan diikuti oleh adjective atau adverb, kemudian baru diikuti oleh subject dan verb. Perhatikan pola kalimatnya berikut ini:

How + Adjective / Adverb + Subject + Verb

Agar lebih jelas lagi, silahkan perhatikan contohnya dalam kalimat berikut:

  • How gorgeous you are!
    (Alangkah cantiknya dirimu!)
  • How brilliant that idea is!
    (Betapa briliannya ide itu)
  • How simple that is!
    (Betapa sederhananya itu!)

Pola kalimat exclamation dengan kata how juga bisa berbentuk seperti berikut:

How + Adjective / Adverb + of + Subject

Contoh kalimatnya seperti:

  • How kind of him!
    (Alangkah baiknya dia!)
  • How rude of you
    (Betapa kasarnya dirimu!)

Itulah penjelasan singkat mengenai exclamation beserta contoh dan cara penggunaannya dalam kalimat. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang belum jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar untuk kita bahas bersama.

Jangan berhenti disini saja, baca juga artikel lainnya di english5menit.com.

Baca juga:
Perbedaan hope, wish, & expect
Modal auxiliary verb
So, too, neither, and either