10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Jaman Sekarang

Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efisien. Mulai dari yang murah, mahal, atau tanpa biaya sekalipun juga sudah tersedia. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara yang mudah untuk belajar bahasa Inggris dan tentunya dengan budget secukupnya.

image resource: Shutterstock/Isa Fernandez Fernandez

Banyak orang berkata bahwa Bahasa Inggris itu sulit. Memang benar bahasa Inggris itu sulit, apalagi kalo tidak dipelajari, maka akan menjadi semakin sulit.

Ditambah lagi dengan keadaan di Indonesia yang masyarakatnya sangat jarang bahkan tidak pernah menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Oke lah, di kota-kota besar bahasa Inggris sering digunakan dan sangat di hargai dalam berbagai bidang. Namun, tidak semua kota di Indonesia adalah kota besar. Sebagian besar wilayah di Indonesia merupakan daerah berkembang atau daerah tertinggal sehingga mereka tidak perlu menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, wajar sekali jika bahasa Inggris menjadi cukup sulit untuk dipelajari bagi kebanyakan orang.

Disisi lain, bahasa Inggris sudah sangat merajalela di era globalisasi saat ini. Semua aspek kehidupan dapat dengan mudah bersentuhan langsung dengan dunia internasional. Jika kita tidak menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa komunikasi Internasional, maka kita akan kesulitan untuk berkomunikasi dan mengikuti perkembangan.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Bahasa Inggris itu Penting

Oleh karena itu, Bahasa Inggris sangatlah penting untuk kita pelajari sehingga kita dapat mengikuti perkembangan di era sekarang ini.

Faktanya, Bahasa Inggris yang sudah dipelajari dari SD hingga Perguruan Tinggi dan seharusnya sudah mampu membuat para siswa untuk fasih dalam berbahasa Inggris. Tapi tetap masih saja banyak orang yang belum fasih berbahasa Inggris.

Mengikuti kursus bahasa Inggris mungkin menjadi salah satu alternatif yang cukup efisien. Ya, tentu kita harus merogoh kocek lagi untuk hal ini. Tapi, tidak perlu terburu-buru dulu. Berikut ini saya tuliskan beberapa cara belajar bahasa Inggris yang dapat kita lakukan secara otodidak.


1. Pelajari kata-kata yang tidak dimengerti lalu hafalkan

Ketika mendengarkan lagu, menonton film, atau membaca tulisan dalam bahasa Inggris pasti kamu akan menemukan kata-kata asing yang tidak kamu mengerti. Catatlah kata-kata tersebut dan hafalkan. Hal ini akan sangat membantu untuk menambah jumlah Vocabulary. Tentunya dengan memiliki perbendaharaan kata yang banyak, kamu akan lebih mudah untuk memahami bahasa Inggris.


2. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan tulis liriknya

image resource: alireza attari – unsplash.com

Di zaman sekarang ini sangatlah mudah bagi kamu untuk mendapatkan lagu berbahasa Inggris. Bagi kamu yang pencinta musik, cara belajar seperti ini akan menjadi sangat menyenangkan. Walaupun sedikit berbeda dengan percakapan bahasa Inggris yang sesungguhnya, lagu-lagu bahasa Inggris sudah cukup bagi kamu untuk membiasakan telinga kamu mendengarkan bahasa Inggris.

Setelah mendengarkan lagu-lagu tersebut, cobalah untuk mencatat liriknya sesuai dengan apa yang kamu dengarkan. Kamu dapat menggunakan fungsi play/pause pada gadget kamu untuk memudahkan. Setelah selesai menulis lirik lagu tersebut, cek lirik yang benar di internet dan koreksi lirik yang kamu tulis.

Dengan latihan ini akan menambah kemampuan kamu dalam listening dan Writing.


3. Membaca literatur berbahasa Inggris

image resource: alvaro-serrano – unsplash.com

Membaca memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia. Tapi tentu saja meski kamu tidak suka, kamu tetap harus mulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Bacalah novel, cerpen, komik, artikel, atau apapun yang kamu suka. Jangan lupa sediakan kamus didekat kamu untuk mencari kata-kata yang tidak kamu pahami dari bacaan tersebut. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading) dan juga akan menambah kosa kata kamu (Vocabulary)


4. Pelajari kata-kata yang sering digunakan dalam keseharian

Tentunya kamu akan sangat membutuhkan kata-kata sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata tersebut seperti: aku, kamu, makan, tunjuk, mobil, berjalan, dan kata-kata lain yang umumnya digunakanan setiap hari.

Hafalkanlah kata-kata dasar tersebut, sehingga akan memudahkan kamu untuk mempelajari bahasa Inggris, atau bahkan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


5. Menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah menulis. Ketika kamu merasa vocabulary yang kamu miliki sudah cukup banyak, cobalah menulis sesuatu. kamu dapat menulis status di media sosial, menulis catatan di buku, atau bahkan menulis artikel dengan menggunakan bahasa Inggris. Jangan takut jika tulisan kamu salah dan kurang sempurna, apalagi takut disalahkan oleh orang lain. Jika kamu takut disalahkan atau diejek ketika menggunakan bahasa Inggris, maka kemungkinan besar kamu akan lamban menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, sering-sering lah menulis karena hal ini dapat membantu kamu memelihara vocabulary yang kamu miliki, dan juga tentunya meningkatkan kemampuan writing.


6. Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris 

Carilah teman sebanyak mungkin yang bisa berbahasa Inggris. Ajaklah mereka berkenalan dengan menggunakan bahasa Inggris. Apalagi jika kamu bertemu dengan orang dari Luar Indonesia, cobalah untuk berbicara dengan mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan speaking.

Selain berbicara secara langsung. kamu juga dapat menggunakan media komunikasi lain seperti internet dan media sosial. Carilah teman-teman dari dalam dan luar negeri di jejaring sosial dan sering-sering berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahas Inggris. Jangan sia-siakan teknologi yang sudah ada. Gunakanlah teknologi tersebut untuk belajar dan meningkatkan kemampuan kamu .


7. Menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Guide to watching TV or movies with hearing loss.
image resource: https://www.everydayhearing.com/

Kebanyakan orang sangat senang menonton film. Hal menyenangkan ini dapat kamu gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Mulai sekarang tonton lah film-film kesukaan kamu tanpa subtitle bahasa Indonesia. Jika terasa cukup sulit, kamu dapat mengaktifkan subtitle bahasa Indonesia tapi jangan terlalu sering.

Cara lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menonton film berbahasa Inggris dan mengaktifkan subtitle yang berbahasa Inggris juga. Hal ini dapat membantu kamu untuk melatih kemampuan listening dan reading pada saat yang bersamaan.

Kamu juga boleh menonton film luar negeri yang berbahasa selain bahasa Inggris, kemudian mengaktifkan subtitle berbahasa Inggris.


8. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Sebelum kamu mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris, ada baiknya kamu belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar kamu fasih dan tidak kagok. Latihan ini juga akan menambah rasa percaya diri kamu karena kamu dapat melihat langsung bagaimana raut wajah serta gerakan-gerakan kamu ketika sedang berbicara.

Latihlah ekspresi kamu , gerakan bibir, gerakan mata, dan berbagai macam gestur. Beranikan diri kamu untuk berekspresi di depan cermin karena hal tersebut akan meningkatkan motivasi kamu .


9. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun

Jangan pernah takut apalagi malu untuk menunjukkan bahwa kamu sedang belajar bahasa Inggris. Teruslah berlatih dan jadikanlah latihan kamu sebuah kebiasaan. Praktekkan terus apa yang sudah kamu pelajari dimanapun dan kapanpun.


10. Ikut Kursus Bahasa Inggris

image resource: https://www.gettingsmart.com/

Hal ini merupakan Langkah terakhir. Jika kamu memiliki kesulitan bila belajar bahasa Inggris secara Mandiri, carilah lembaga yang menyediakan kelas Kursus Bahasa Inggris. Tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya. Namun tidak mengapa, Bahasa Inggris sangatlah penting di zaman sekarang ini. Jangan pelit dengan uang kamu jika uang tersebut dapat memberikan kamu sesuatu yang lebih baik yaitu “ilmu”

Sekian dulu, semoga bermanfaat.


 

baca juga: 
Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja
Alasan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional
Perbedaan Noun, Verb, Adjective, dan Adverb