6 Cara Jitu agar Mahir Bahasa Inggris Dalam Sekejap

Jika saat ini kamu sedang belajar bahasa Inggris, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Apalagi kalau kamu benar-benar pemula dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Jadi, jika kamu sudah mahir dan yakin dengan kemampuan bahasa Inggris kamu, silahkan skip artikel ini dan lanjut membaca ke artikel lainnya ya.
Baca juga: Tips belajar listening

Belajar bahasa Inggris adalah hal yang mudah jika kamu berada dijalur yang benar. Yah, walaupun banyak pelajar yang putus asa dan frustasi karena tidak berhasil menguasai bahasa Inggris. Sebenarnya bahasa Inggris itu sangat menyenangkan untuk dipelajari, apalagi sekarang semua sudah canggih dan kamu bisa belajar dimana saja.

Ketika kamu bisa berbahasa Inggris, kamu akan bisa melakukan banyak hal. Setidaknya kamu bisa membaca atau mendengarkan berita internasional yang disiarkan secara langsung. Jika diibaratkan, kamu akan menang beberapa langkah dari orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Lebih lanjut mengenai hal ini, kamu bisa baca pada artikel: Mengapa bahasa Inggris sangat penting?

Baiklah, tanpa memperpanjang basa-basi lagi, berikut ini adalah 6 hal penting yang harus kamu lakukan untuk bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu singkat:

Cara Menguasai Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat

1. Vocabulary

Vocabulary atau kosakata adalah hal yang paling penting untuk menguasai suatu bahasa. Jika kamu tidak punya vocabulary, maka bagaimana mungkin kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Tapi ingat, mempelajari vocabulary bukan hanya sekedar menghapalkan kata-kata yang ada di kamus lengkap Inggris-Indonesia. Kamu harus benar-benar memahami kosakata yang kamu hapalkan dan kapan kosakata itu digunakan. Tapi jika kamu baru belajar, cukup hapalkan dan pelajari vocabulary yang berkaitan dengan lingkungan kamu dan keadaan sekitar. Misalnya kamu perlu menghapalkan nama-nama perabotan rumah, hewan, keluarga dan kerabat, dan nama buah-buahan.

2. Menulis Sesuatu dalam Bahasa Inggris

Tahukah kamu, menulis merupakan skill yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Dibandingkan dengan berbicara, membaca, apalagi mendengarkan, menulis merupakan skill yang cukup sulit untuk dipelajari.

Kebanyakan orang memang tidak suka menulis. Tapi, jika kamu ingin cepat memahami bahasa Inggris, kamu harus banyak menulis dan juga membaca. Dengan menulis dalam bahasa Inggris, kamu akan mengasah kemampuan vocabulary yang kamu miliki. Kamu bisa menulis dimana saja, misalnya pada status Whatsapp, diary, story Instagram, atau membuat blog dan menulis artikel berbahasa Inggris.

Tahapan selanjutnya, mungkin kamu bisa mencari teman yang bisa diajak chatting dengan menggunakan bahasa Inggris. Lebih bagus lagi jika dengan native speaker, karena mereka pasti menggunakan bahasa Inggris dengan baik sehingga kamu bisa belajar dari mereka.

3. Grammar Penting tapi Bukan Segalanya

Hal yang tidak baik dan banyak dilakukan oleh kebanyakan pelajar adalah terlalu berfokus pada grammar. Bahkan ada banyak juga guru yang hanya memfokuskan grammar ketika mengajar. Padahal, grammar yang dipelajari belum tentu dipakai ketika kamu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Apakah Grammar itu penting? – Bisa iya, bisa tidak. Tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Saya akan mengatakan bahwa grammar itu sangatlah penting, tapi hanya pada saat writing atau dalam keadaan formal. Tapi ketika dalam keadaan non-formal kita bisa saja mengabaikan grammar, yang penting maksud dari perkataan kita bisa dimengerti oleh lawan bicara.

Jadi, jangan jadikan grammar sebagai beban dan tidak berani berbahasa Inggris karena takut salah. Silahkan gunakan bahasa Inggris semampu kalian. Kalau salah ya wajar-wajar saja, namanya juga masih belajar. Nah, seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan mempelajari grammar baik secara langsung ataupun tidak langsung. Pada waktunya nanti, grammar kamu akan membaik dengan sendirinya. Intinya, teruslah mencoba dan jangan takut.

4. Dengarkan Lagu-lagu Berbahasa Inggris

Cara yang satu ini memang cukup menyenangkan dan paling banyak disukai orang. Ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kita akan mendengarkan kata-kata dan kalimat serta bagaimana cara mengucapkannya. Apalagi kalau lagu yang didengarkan cukup enak, kamu mungkin akan mencari liriknya dan ikut bernyanyi.

Sayangnya, kalimat dalam lagu terkadang tidak sama dengan bagaimana bahasa Inggris digunakan sehari-hari. Jadi mendengarkan lagu hanya disarankan bagi kalian yang ingin terbiasa saja mendengarkan bahasa Inggris, bukan untuk menjadi mahir cas-cis-cus berbahasa Inggris ya.

5. Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film adalah cara yang cukup menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Tapi jika kamu masih membaca subtitle bahasa Indonesia, kamu tidak akan banyak belajar. Cobalah menghilangkan subtitlenya, dan dengarkan dengan seksama bagaimana para aktor di film berbicara dan pahami maksud perkataannya. Jika cukup sulit, kalian bisa melakukan hal yang lebih mudah misalnya dengan menonton film anak-anak terlebih dahulu. Kalian bisa juga mengaktifkan subtitle berbahasa Inggris, jadi kalian akan belajar listening dan reading secara bersamaan.

6. Gunakan Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Cara yang paling ampuh untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Apalagi kalau kalian bisa menggunakannya sepanjang hari, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun yang kalian temui. Sayangnya, lingkungan kita kebanyakan tidak memungkinkan hal itu terjadi.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergabung di grup atau klub bahasa Inggris. Boleh di sekolah, kampus, ataupun klub untuk umum. Kamu juga bisa bergabung dengan klub yang ada di media sosial seperti Facebook, jadi kamu bisa belajar bahasa Inggris dimanapun kamu berada. Jika kamu punya banyak uang, mungkin kamu bisa pergi ke luar negeri dan tinggal disana selama beberapa minggu untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu. Atau sekedar pergi ke kampung Inggris dan tinggal disana beberapa minggu juga cukup membantu.


Itulah cara-cara yang wajib kamu lakukan untuk cepat mahir berbahasa Inggris. Teruslah belajar, jangan berhenti hanya diartikel ini. Ada lebih banyak lagi tips dan trik belajar bahasa Inggris yang bisa kamu temui diluar sana. Tapi ingat, tidak cukup dengan membaca saja, kamu juga harus action dan melatih bahasa Inggris kamu ya!

Sekian dulu artikel kali ini, baca juga artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja
7 Peluang Usaha bermodalkan Bahasa Inggris
Alasan Tidak Bisa Bahasa Inggris