Daily Idioms Bahasa Inggris Beserta Artinya

Idiom adalah serangkai kata yang jika diartikan secara keseluruhan akan berbeda apa dituliskan/diucapkan dengan makna yang dimaksudkan. Idiom dapat juga diartikan dengan kata-kata kiasan.

Ada banyak sekali idiom dalam bahasa Inggris. Tentunya, idioms sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Orang-orang terkadang lebih suka menggunakan idiom untuk menyatakan sesuatu. Maka dari itu, kita perlu memperbanyak kosa-kata dan pengetahuan kita mengenai idioms dalam bahasa Inggris.

Penggunaan idioms dalam bahasa Inggris dapat berbentuk written (tertulis) atau spoken (terucap). Berikut adalah daftar daily idioms lengkap dengan arti dan contoh kalimatnya.


English Daily Idioms


A close call

artinya hampir saja. Idiom ini digunakan pada saat, dalam keadaan berbahaya, sulit, atau dalam masalah yang buruk, tetapi berhasil melewati, menghindari, atau menyelesaikannya. Idiom ini cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


A piece of cake

artinya suatu hal yang sangat mudah dan gampang untuk dikerjakan. Idiom ini biasanya digunakan untuk menyatakan bahwa apa yang akan/telah dikerjakan itu adalah suatu hal yang sangat mudah.


Hit the books

artinya belajar dengan serius atau intens. Idiom hit the books cukup populer dikalangan pelajar dan biasanya digunakan untuk mengganti kata study dan learn.


I am Broke

artinya adalah saya sedang tidak punya uang atau dalam bahasa Indonesia lebih tepatnya adalah saya bokek. I am broke dapat juga diartikan saya bangkrut. Idiom I am broke biasanya digunakan dalam situasi finansial yang sedang bermasalah.


Let the cat out of the bag

artinya membuka atau membeberkan rahasia seseorang. Idiom let the cat out of the bag biasanya digunakan ketika suatu rahasia harus diungkapkan agar semua orang tahu tentang rahasia itu.


The ins and outs

dapat diartikan sangat mendetail atau semua detail atau bisa juga diartikan mengetahui luar dalam. Selain itu, idiom ins and outs dapat juga dimaknai menjadi seluk beluk. Idiom ini biasanya digunakan ketika akan menyatakan tentang pengetahuan mendetail/luar dalam mengenai suatu hal.


Under the weather

artinya yaitu merasa sedikit sakit atau kurang enak badan. Idiom ini digunakan untuk menyatakan keadaan badan yang kurang fit karena merasa agak kurang sehat misalnya saat terserang penyakit ringan seperti flu, atau sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.


When pigs fly

artinya sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Seekor babi tidak mungkin bisa terbang dengan kemampuannya sendiri. Hal ini sama dengan idiom bahasa indonesia menantikan kucing bertanduk.