Smart vs Clever: Apa perbedaannya?

Dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari, kita pastinya sudah sering mendengar kata smart dan clever. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu “pintar” tetapi memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk memahami kedua kata tersebut, kita akan mengulas perbedaan-perbedaan serta cara menggunakannya dalam kalimat.

Arti kata Smart

Smart adalah kata sifat (adjective) berarti “pintar” yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki tingkat inteligensia yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Kata Smart bisa ditujukan untuk orang yang mampu belajar dan memahami sesuatu dengan lebih cepat atau lebih baik dari orang lain.

Misalnya dalam sebuah kegiatan belajar dikelas, siswa “A” lebih pintar dalam memahami materi yang disampaikan guru, sedangkan siswa-siswa lainnya biasa-biasa saja. Maka kita bisa menyebut siswa “A” sebagai siswa yang smart.

Berikut ini contoh penggunaan kata smart dalam kalimat:

  1. Jhonny is a smart student
    (Jhonny adalah siswa yang pintar)
  2. A smart person always make calculations before doing something
    (Orang yang pintar selalu membuat perhitungan sebelum melakukan sesuatu)
  3. IQ is used to determine how smart a person is
    (IQ digunakan untuk mengukur kepintaran seseorang)

Arti kata Clever

Clever adalah kata sifat yang juga berarti “pintar” tetapi ditujukan untuk orang-orang yang memiliki cara berpikir pintar yang tidak dipikirkan oleh orang lain. Lebih tepatnya, clever dapat diartikan “cerdas” atau dalam padanan lainnya diartikan “cerdik”.

Misalnya dalam sebuah permasalahan, orang yang smart akan menyelesaikannya dengan cara-cara yang memang seharusnya dilakukan. Tetapi, orang yang clever, mungkin saja menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih baik menggunakan cara yang unik, aneh, bahkan tidak terpikirkan oleh orang lain.

Contoh penggunaan kata clever dalam kalimat:

  1. Ronaldo is a clever football player
    (Ronaldo adalah pemain sepakbola yang cerdas)
  2. E-sport athlete usually is a clever person
    (Atlit e-sport biasanya adalah orang yang cerdik)
  3. Tom is the cleverest student in his school
    (Tom adalah murid paling cerdas di sekolahnya)

Intelligent, wise, brilliant, talented

Selain smart dan clever, ada beberapa kata dalam bahasa inggris yang berhubungan dengan “Pintar” yaitu: Intelligent, wise, brilliant, talented. Setiap kata tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. Berikut ulasan singkatnya:

Intelligent

Inteligent memiliki makna yang sama dengan smart, yaitu seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata.

Wise

Wise digunakan untuk orang-orang pintar yang bijaksana. Kebijaksanaan merupakan pengetahuan yang diterapkan, artinya orang yang bijaksana mengerti suatu ilmu atau fakta dan mampu menggunakannya untuk kebaikan.

Brilliant

Kata Brilliant juga sama seperti intelligent dan smart yang berarti cerdas diatas rata-rata

Talented

Talented biasanya ditujukan untuk sebuah kemampuan yang diatas rata-rata sehingga tidak bisa atau tidak mungkin diikuti oleh orang lain.


Itulah penjelasan mengenai perbedaan smart dan clever serta kata lain yang memiliki arti serupa. Simak juga artikel-artikel lainnya.

Baca juga:
foot and leg
fish or fishes
hope, wish, & expect