Belajar Bahasa Inggris dengan Bermain Video Game

Bahasa Inggris memang salah satu hal yang penting di zaman sekarang ini. Bagaimana tidak, saat ini hubungan dengan orang asing dari berbagai negara sudah menjadi hal yang sangat biasa. Agar bisa berkomunikasi satu sama lain, akhirnya ditentukanlah beberapa bahasa Internasional yang salah satunya adalah bahasa Inggris.

Pentingnya bahasa Inggris pada akhirnya membuat banyak orang mulai mempelajarinya. Muncullah berbagai macam pelajaran dan kursus bahasa Inggris hingga metode dan pendekatan untuk menghasilkan proses belajar terbaik. Dari sekian banyak cara belajar bahasa Inggris tersebut, kali ini penulis ingin membagikan sedikit pengalaman tentang salah satu cara belajar bahasa Inggris. Pengalaman apa itu? Yaitu belajar bahasa Inggris melalui video game.

Image Soure: www.rcinet.ca

Apakah video game dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? Ya bisa, tapi tidak semua video game bisa. Syaratnya adalah game tersebut harus berbahasa Inggris. Nah, dari pengalaman saya bermain video game, saya mendapatkan banyak sekali vocabulary atau kosakata bahasa Inggris. Semakin banyak dan sering saya bermain video game, semakin banyak pula vocabulary yang saya dapatkan. Pada akhirnya, setelah bermain banyak video game, saya bisa berbahasa Inggris walaupun secara pasif.
Baca juga: Cara belajar Grammar Bahasa Inggris dengan mudah

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Agar lebih jelas lagi, mari kita bahas dalam beberapa poin berikut ini:

1. Keinginan untuk bermain video game

Keinginan untuk bermain game menjadi kunci utama keberhasilan metode belajar ini. Di dalam sebuah video game (yang berbahasa Inggris), akan ada beberapa petunjuk permainan hingga percakapan-percakapan yang pastinya menggunakan bahasa Inggris. Jika ingin memainkan game tersebut hingga berhasil menyelesaikannya, tentunya kita harus mengerti apa saja yang dituliskan atau diucapkan dalam video game tersebut.

Saya adalah salah satu yang menyukai video game. Sudah banyak game yang saya mainkan dan memang kebanyakan video game menggunakan bahasa Inggris. Jadi karena hobi bermain video game tersebut, mau tidak mau, secara sadar atau tidak sadar, saya pelan-pelan mulai belajar bahasa Inggris. Hingga pada akhirnya saya lebih banyak belajar bahasa Inggris melalui video game daripada belajar di sekolah.

2. Kamus selalu stand by saat bermain video game

Ketika memainkan video game yang berbahasa Inggris, kamus adalah sahabat saya yang paling setia. Setiap muncul kata-kata baru yang belum saya ketahui artinya, saya langsung mencarinya di kamus. Nah, dari sanalah pada akhirnya saya mendapatkan banyak vocabulary bahasa Inggris. 

Bermain video game ini secara tidak langsung memaksa saya mencari arti dari kata-kata bahasa Inggris. Semakin sering bermain, semakin sering pula saya membuka kamus bahasa Inggris. 

3. Banyak percakapan bahasa Inggris didalam video game

Beberapa video game memiliki beberapa scene percakapan yang berisi informasi atau sekedar basa-basi. Nah, disini kita terkadang membutuhkan informasi pada percakapan tersebut untuk memecahkan teka-teki yang ada didalam video game. Kalau tidak tahu arti dari percakapan tersebut, maka menyelesaikan game mungkin akan sedikit lebih susah dan lebih lama.

4. Quest dan Teka-teki berbahasa Inggris dalam video game

Sebuah game juga sering kali memberikan quest dan teka-teki untuk diselesaikan. Jika petunjuknya dituliskan dalam bahasa Inggris, pastinya kamu akan perlu kamus untuk membantu kamu kecuali bahasa Inggris kamu sudah bagus. Quest dan teka-teki dalam video game juga menjadi hal yang menyenangkan, jadi kalau tidak mengerti arti dan petunjuk dari quest dan teka-teki tersebut, tentu saja akan mengurangi kenikmatan bermain video game.

__________

Belajar bahasa Inggris memang bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan bermain video game. Bahkan pada akhirnya, banyak developer video game yang mengembangkan game edukasi khusus bahasa Inggris. Seperti: Hangman, Scrabble, Crosswords, dan lain-lain. Jadi, belajar bahasa Inggris tidak harus selalu kaku seperti pembelajaran di kelas. Semakin menyenangkan proses belajar, maka akan semakin maksimal hasil yang didapatkan.

Nah, itulah sedikit sharing pengalaman tentang belajar bahasa Inggris melalui video game. Untuk game-nya, kamu bisa pilih sendiri sesuai dengan game yang kamu sukai. Tapi saya sarankan untuk memainkan game yang punya banyak quest, teka-teki, dan percakapan seperti yang ada pada game RPG.

Sekian dulu artikel kali ini. Baca juga artikel lainnya ya.

Baca juga: 
Perbedaan noun, adjective, verb, dan adverb
Kalimat Nominal pada Bahasa Inggris
Tounge Twister: Ayo belajar bahasa Inggris

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment