Apa beda “Uptown” dan “Downtown”?

Mungkin kamu pernah mendengar kedua istilah tersebut, uptown dan downtown. Jika kita lihat artinya di kamus, maka keduanya memiliki arti yang sama yaitu “pusat kota”. Lalu apa bedanya?

Uptown vs. downtown, merupakan kata yang sering dipakai di Amerika Serikat terutama di kota New York. Menurut sejarahnya, kata Uptown dan Downtown pertama kali digunakan di abad ke-19 untuk menunjukkan dua bagian dari kota (town), yaitu pusat kota yang berupa pusat perbelanjaan (downtown), dan pusat kota yang berupa pemukiman dan kawasan elite (uptown).

Uptown

Uptown adalah istilah untuk sebuah kota atau pemukiman yang biasanya ditempati oleh orang-orang menengah keatas dan terkesan elit. Uptown memiliki tingkat populasi yang tidak terlalu padat, dengan lahan yang masih cukup lapang. Uptown biasanya jarang dikunjungi oleh banyak orang, dan hanya dikunjungi orang-orang tertentu saja karena katanya barang-barang yang ada disana sangat mahal.

Menurut letak geografis, di Kota New York, Uptown merujuk ke arah utara sedangkan downtown ke arah selatan. Hal tersebut menjadi kebiasaan disana karena memang awal mulanya uptown berada di sebelah utara dan downtown berada disebelah utara.

Downtown

Downtown adalah pusat kota yang ditinggali oleh lebih banyak orang kelas menengah kebawah, dan lebih sering dikunjungi karena katanya barang-barang yang ada disana memiliki harga yang lebih murah.

Kata downtown lebih umum dipakai diluar kota New York daripada kata uptown, karena downtown menggambarkan pusat keramaian dan pusat berbelanja.

Itulah sedikit penjelasan dari perbedaan uptown dan downtown. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga:
“There is” dan “There are” Penjelasan dan Contoh Kalimat
Perbedaan “foot” dan “leg”
Perbedaan noun, adjective, verb, dan adverb
Fish atau Fishes? Apa bedanya

Visited 271 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment