Perbedaan Mouse dan Mice

Mouse vs. mice, tentunya kamu sering menemukan kedua kata tersebut dalam bahasa inggris, bukan? Keduanya sangat sering digunakan serta memiliki arti yang sama yaitu ‘tikus’. Tapi tahukah kamu kalau makna dari kedua kata tersebut sedikit berbeda? Dimana letak perbedaannya?

Apa perbedaan mouse dan mice akan kita bahas pada artikel kali ini beserta contoh kalimatnya.

Mouse

Mouse berarti tikus, yaitu sejenis binatang pengerat yang umumnya tinggal berdampingan dengan manusia sebagai hewan pengganggu, parasit, atau peliharaan. Kata mouse merujuk pada sifat singular atau tidak lebih dari satu (tunggal), jadi tikus yang dirujuk dengan kata mouse hanyalah satu ekor saja. Berikut adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata mouse:

  1. Last night I saw a mouse eating a piece of cheese in the kitchen. (Kemarin malam, aku melihat seekor tikus sedang memakan sepotong keju di dapur.)
  2. I can’t believe it. How can you take a mouse as your pet? (Aku tidak bisa percaya. Bagaimana kamu bisa mengambil seekor tikus sebagai hewan peliharaanmu?)
  3. I hate both cockroach and mouse! (Aku benci kecoa dan tikus!)

Selain merujuk pada tikus, kata ‘mouse’ juga memiliki arti lain, yaitu sebuah pointer pada perangkat komputer. Mungkin saja karena bentuknya kecil dan bergerak dengan lincah, maka alat tersebut kemudian disebut dengan mouse.

Baca juga: Singular and plural noun

Mice

Mice merupakan bentuk jamak (plural) dari kata mouse. Jadi, jika tikus yang dirujuk berjumlah lebih dari satu, maka kata yang tepat untuk digunakan adalah mice.

Beberapa orang terkadang keliru menggunakan bentuk jamak dari mouse, dan malah menggunakan kata “mouses”. Mungkin saja karena mereka tidak mengetahui bahwa mouse akan berubah menjadi mice karena merupakan salah satu kata benda (noun) yang berubah bentuk secara tidak beraturan atau irregular.

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata mice:

  1. I hate this house. There are so many mice here. (Aku benci rumah ini. Ada banyak sekali tikus disini.)
  2. Don’t leave the food on the floor, or you’ll see the mice take it in the middle of the night. (Jangan tinggalkan makananmu dilantau, atau kamu akan melihat tikus-tikus mengambilnya di tengah malam.)
  3. Oh my God! Look how many mice here! (Oh tuhan! Lihat alangkah banyaknya tikus disini!)


Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan mouse dan mice. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya di english5menit.com ya!

Baca juga:
AM dan PM dalam bahasa Inggris
Perbedaan “foot” dan “leg”
Ms Miss dan Mrs.
Fish atau Fishes?

Visited 106 times, 9 visit(s) today

Leave a Comment