7 Alasan Mengapa Bahasa Inggris itu Penting

Tentu saja, bahasa Inggris itu penting. Alasan utama mengapa bahasa Inggris itu penting adalah saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Namun tidak hanya itu, ada banyak alasan-alasan lainnya yang membuktikan bahwa bahasa Inggris itu penting.

1. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional

Faktanya, bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan aktif di 53 negara di dunia. Hal ini lah yang membuat bahasa Inggris sangat layak disebut bahasa Internasional. Banyak negara yang mendorong masyarakatnya untuk mempelajari bahasa Inggris. Bahkan ada negara yang memasukkan bahasa Inggris kedalam kurikulum pendidikannya, termasuk Indonesia.

Bahasa Inggris saat ini sudah digunakan di banyak sisi kehidupan. Mulai dari hal kecil seperti mengucapkan Happy Birthday, sampai pada tour guide yg menggunakan bahasa Inggris secara aktif untuk menemani para turis asing. Selain itu, penggunakan teknologi informasi yg semakin massive dengan jelas akan meningkatkan komunikasi dengan orang-orang asing sehingga penggunaan bahasa Inggris menjadi sangat penting.

Baca juga: Mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional?

2. Produk-produk yg bertulisan bahasa Inggris

Setiap produk selalu ada tulisan yang menjelaskan detail produk tersebut. cobalah Anda lihat produk-produk tersebut, biasanya akan ada tulisan yang menggunakan bahasa Inggris. Apalagi produk impor, akan selalu ada penjelasan yang menggunakan bahasa inggris. Walaupun juga ada tulisan dengan bahasa Indonesia, namun akan lebih baik jika kita juga memahami tulisan yg berbahasa inggris tersebut. Dengan memahami detail yang ada pada kemasan produk, kita akan mengetahui produk itu baik atau kurang baik untuk kita konsumsi.

Selain itu, setiap kita membeli perangkat elektronik, akan selalu ada buku manual penggunaan perangkat tersebut. Bayangkan jika kita membeli suatu alat impor, disana tidak akan ada panduan berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, dalam hal ini, pemahaman bahasa Inggris pun menjadi penting.

3. Bahasa Inggris itu menyenangkan

Bahasa Inggris itu sangat menyenangkan, walaupun tidak semua orang beranggapan seperti itu. Mengapa bahasa Inggris menyenangkan? Karena dengan menguasai bahasa Inggris, minimal secara pasif, kita akan mampu berkomunikasi dan bercakap-cakap dengan orang asing. Bukankah hal tersebut menyenangkan?

Baca Juga: 10 Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris

4. Bahasa Inggris itu keren

Jika Anda masih berpikiran bahwa orang yang menggunakan bahasa Inggris itu sok keren, pandir, sombong, atau sejenisnya, maka buanglah pikiran tersebut jauh-jauh. Anda tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris jika punya pikiran seperti itu. Begitupun jika orang lain menganggap Anda sombong dan pandir, jangan dihiraukan.

Bahasa Inggris itu keren karena dengan bahasa Inggris kita bisa melakukan banyak hal dan dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Bayangkan saja sebagai contoh sederhananya, ketika ada tayangan di TV yg menggunakan bahasa Inggris dan teman-teman Anda tidak ada yg mengerti, Anda bisa menjelaskan tayangan tersebut dan dianggap hebat oleh teman-teman anda.

5. Bahasa Inggris digunakan di dunia kerja

Dunia kerja saat ini menuntut para pekerjanya untuk memiliki kemampuan lebih. Bahasa Inggris menjadi salah satu tuntutan pekerjaan tersebut. Pekerja yang menguasai bahasa Inggris akan menjadi lebih unggul dan dianggap lebih mampu berkembang dan menyerap informasi dari luar untuk kemajuan perusahaan. Jadi, jika anda ingin menjadi seorang pekerja, pegawai, atau bahkan mendirikan suatu perusahaan, maka kemampuan Bahasa Inggris akan menjadi pendukung yang baik bagi Anda.

6. Bahasa Inggris untuk menjadi tour guide

Tentu saja Anda harus menguasai Bahasa Inggris jika ingin menjadi tour guide. Kebanyakan turis asing akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi mereka di daerah wisata. Maka dari itu, bahasa Inggris akan menjadi sangat bermanfaat untuk Anda yang mau mendapatkan penghasilan dengan menjadi tour guide.

7. Anda akan memerlukan Bahasa Inggris jika pergi keluar negeri

Walaupun anda dapat menyewa interpreter atau translator, akan lebih baik jika Anda memahami bahasa Inggris. Tidak perlu menguasai bahasa Inggris dengan fasih, cukup memahami kata-kata dasar dan bagaimana cara berkomunikasi sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, Anda akan dapat berpetualang ke luar negeri dengan aman.

Image Ilustration by: english5menit.com

Sebenarnya masih banyak alasan-alasan lain mengapa bahasa Inggris itu penting. Tapi untuk artikel ini, cukup sampai disini saja. Pada artikel-artikel selanjutnya akan kita bahas lagi banyak hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris.

baca juga: Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja

4 thoughts on “7 Alasan Mengapa Bahasa Inggris itu Penting”

Leave a Comment