Perbedaan Dependent Clause dan Independent Clause

Apa bedanya dependent dengan independent clause?
Mungkin kamu pernah mendengar kedua istilah tersebut. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan clause!

Clause atau klausa adalah sekelompok kata-kata yang disusun menjadi sebuah kalimat dan mengandung subject dan verb. Contoh clause yaitu sebagai berikut

  • I drink apple juice
  • She went to the zoo.
  • I will be
  • You have

Jika kelompok kata tersebut digabungkan/disusun dan memiliki makna, namun tidak memiliki subject atau verb, maka lebih tepat disebut sebagai phrase. Lebih tepatnya, phrase merupakan potongan kalimat yang tidak memiliki subject atau tidak memiliki verb. Contoh phrase atau frasa dalam bahasa Inggris yaitu: Good afternoon, happy birthday, on the table, dan lain-lain.

Baca juga: Perbedaan phrase, clause, dan sentence

Independent and dependent clause

Clause dapat dibagi menjadi independent clause dan dependent clause. Pembagian ini berdasarkan ketergantungan dari kalimat tersebut. Independent clause bisa dikatan sebagai kalimat yang dapat berdiri sendiri, sedangkan dependent clause adalah kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri atau dapat disebut sebagai kalimat pendukung/penjelas.

Independent Clause

Kalimat Independent clause dalam bahasa inggris merupakan satu kalimat yang mengungkapkan gagasan yang utuh, atau dapat dipahami tanpa kalimat pendukung. Contoh kalimat independent clause yaitu:

  • My father gave me a book.
  • They haven’t changed much.
  • I have to eat apple every day.

Dependent Clause

Sebagai kebalikan dari independent clause, kalimat dependent clause merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri karena makna yang dihasilkan masih menggantung atau belum selesai. Dependent clause disebut juga sebagai subordinate clause dan merupakan kalimat pendukung atau penjelas yang memberikan informasi tambahan untuk kalimat utama atau independent clause.

Dependent clause tidak mengungkapkan suatu gagasan secara utuh sehingga akan membuat pembaca/pendengar membutuhkan kalimat lain yang menjadi informasi utama. Berikut ini contoh kalimat dependent clause:

  • When I was a small child, …
  • … since the last time we met
  • … before you go.
  • If I have enough money, …
  • … because i did not come

Kalimat-kalimat di atas tidak bisa berdiri sendiri karena masih belum jelas apa gagasan utamanya. Maka dari itu, dependent clause harus berdampingan dengan independent clause agar dapat berfungsi. Selanjutnya, gabungan dari independent dan dependent clause akan menjadi kalimat lengkap yang dikenal dengan sebutan complex sentence.

Dependent clause dapat dibagi lagi fungsinya sebagai noun clauseadjective clause, dan adverb clause. Berikut ini contoh-contohnya:

  1. She can do whatever she want. (noun clause)
  2. The horse that my father ride on is so fast. (adjective clause)
  3. His sister used to scare him when they were kids. (adverb clause)

Baca juga:
Kalimat Nominal pada Bahasa Inggris
Transitive and Intransitive Verb
the same, the same as, like, alike dan similar to
will and going to

Visited 13 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment