Perbedaan Mount, Mountain, dan Volcano

Tiga kata ini, mount, mountain, dan volcano memiliki kemiripan karena sama-sama berkaitan dengan gunung, namun penggunaannya tidak bisa ditukar-tukar. Ketiga kata tersebut termasuk nomina (noun atau kata benda) dengan penggunaan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan singkatnya berikut ini:

Mount

Arti kata mount adalah gunung. Dalam penggunaannya, kata mount biasanya akan diikuti oleh nama dari gunung tersebut. Jadi kata mount akan digunakan untuk gunung-gunung yang sudah memiliki nama. Contohnya seperti: mount Everest, mount Jaya Wijaya, mount Merapi, mount Kilimanjaro.

Kata mount juga sering disingkat menjadi mt., terutama pada peta, contohnya seperti: mt. Fuji, mt. Dempo, mt. Semeru. Contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata mount yaitu:

  • I live just about 2 KM from mount Merapi
  • Mount Dempo is located in south Sumatra

Mountain

Mountain juga berarti gunung. Bedanya, mountain lebih merujuk pada gunung yang belum memiliki nama, tidak diketahui namanya, atau sekedar merujuk pada gunung pada umumnya. Kata mountain bisa juga digunakan untuk merujuk barisan gunung atau pegunungan. Contoh kalimat penggunaannya seperti:

  • I can’t see the mountain because it’s covered by morning mist
  • The highes mountain on Java is mt. Semeru

Volcano

Volcano dapat diartikan sebagai gunung berapi. Namun, volcano dapat juga merujuk pada celah-celah di permukaan bumi yang memiliki aktivitas vulkanik seperti mengeluarkan asap panas atau mengeluarkan lava. Jadi, tidak semua volcano memiliki bentuk seperti gunung, begitupun tidak semua gunung merupakan volcano. Contoh kalimat penggunaannya dalam bahasa Inggris seperti:

  • Mount Merapi is an active volcano located on the central of Java
  • Mt. Krakatoa is one of the world’s ancient volcanoes

Baca juga:
Mountain vs hill
Perbedaan see, look, watch
Kata-kata bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf “X”

Visited 53 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment