Ms Miss dan Mrs. – Apa perbedaannya?

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa jenis sapaan untuk wanita yang dituliskan Ms., Miss, dan Mrs. Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis sapaan/panggilan tersebut? Pada artikel kali ini kita akan membahasnya dan juga melihat beberapa contoh penggunaannya. Simak terus ya.
Baca juga: Apa perbedaan Mr. dan Sir dalam bahasa Inggris?

Penjelasan kata sapaan Ms., Miss, dan Mrs.

Kita mengenal sopan santun atau politeness saat berbicara, begitu pula dalam bahasa Inggris. Kata sapaan (Ms., Miss, dan Mrs.) merupakan bagian dari kesopanan. Kata sapaan ini digunakan sebagai kata depan untuk memanggil seseorang sesuai dengan statusnya. Lalu apa beda dari Ms., Miss, dan Mrs.?

Semua kata tersebut sebenarnya berasal dari kata yang sama yaitu “Mistress” yang berarti tuan (perempuan) atau nyonya. Contohnya pada kata “mistress of the house” yang berarti “tuan rumah (perempuan)”.

Ms. dan Mrs.

Ms. merupakan singkatan dari “miss” sedangkan Mrs. merupakan singkatan dari “misstress”. Kata “miss” juga sebenarnya merupakan kependekan dari “misstress”.

Miss dan Mrs., menurut cerita yang banyak beredar, sering digunakan sampai tahun 1800-an tanpa membeda-bedakan status. Tidak lama setelah itu, barulah kedua kata tersebut digunakan untuk membedakan wanita yang belum menikah dengan wanita yang telah menikah.

  • Ms. Singkatan dari Miss -> untuk wanita yang belum menikah
  • Mrs. Singkatan dari Mistress -> untuk wanita yang sudah menikah

Berbeda dengan penggunaan “Mr.” atau “Mister”, penggunaannya sangat simple tanpa membeda-bedakan status ataupun usia. Jadi untuk laki-laki, cukup panggil dengan Mr. atau Mister saja yang artinya “tuan”.

Perbedaan Penggunaan Ms. Miss, & Mrs.

1. Cara Penggunaan Ms.

Kata sapaan Ms. (dibaca miz) biasanya digunakan untuk seorang wanita yang belum diketahui statusnya. Misalnya ketika baru pertama kali bertemu, maka lebih baik memanggilnya dengan sapaan Ms.

Dalam lain kesempatan, kita juga bisa memanggil seorang wanita dengan sapaan Ms. yang dengan sengaja dimaksudkan untuk menyembunyikan status pernikahannya.

Ms. sering dibaca miz agar terdengar seperti Miss (belum menikah) dan juga mendekati Mrs. (sudah menikah) yang dibaca Miziz. Hal ini kembali lagi pada urusan status pernikahan agar wanita yang disapa tidak merasa tersinggung dan lain sebagainya.

Tapi ada juga beberapa wanita yang tidak mempermasalahkan kata sapaan ini. Jadi dengan siapa kita berbicara akan mempengaruhi bagaimana kita menyapanya.

2. Cara Penggunaan Miss

Miss dibaca mis dan merupakan sapaan untuk perempuan yang belum menikah. Jika diartikan akan menjadi “nona”. Kata ini umum digunakan untuk wanita yang masih muda atau masih kecil. Dalam suasana yang formal, sangat lumrah jika seseorang yang masih muda dipanggil dengan sapaan miss, misalnya di sekolah, kampus, kantor, atau pertemuan formal lainnya.

3. Cara Penggunaan Mrs.

Mrs. dibaca Miziz artinya adalah “nyonya” dan merupakan sapaan untuk perempuan yang sudah menikah, atau berstatus sebagai istri seseorang. Saat ingin menggunakan sapaan Mrs., pastikan kalau wanita yang dipanggil tersebut sudah menikah dan pernikahannya diakui dan diketahui oleh publik. Walaupun terkadang ada juga wanita yang tetap ingin dipanggil dengan sapaan Ms. dengan alasam emansipasi (karena laki-laki tetap dipanggil Mr.) walaupun dia telah menikah.

Cara menggunakan Ms. Miss dan Mrs.

Jangan sampai salah, berikut cara penggunaan kata sapaan Ms. Miss dan Mrs. yang benar!

Kata sapaan selalu diikuti oleh family name atau last name. Seperti yang kita tahu, orang eropa pasti memiliki nama keluarga, jadi yang kita sapa adalah nama keluarganya. Sedangkan untuk nama depan hanya digunakan untuk keluarga, teman dan orang-orang terdekat saja. Berikut ini format penggunaan kata sapaan:

Kata sapaan (Mr. Ms. Mrs. Mister, Mistress) + Family name/last name

Sapaan untuk laki-laki tidak terlalu sulit, contohnya seperti berikut:

  • Tony Smith (Sudah/belum menikah)
    Sapaan: Mr. Smith
  • John Swann (Sudah/belum menikah)
    Sapaan: Mr. Swann

Sedangkan sapaan untuk perempuan sedikit lebih banyak jenisnya, contohnya seperti berikut:

  • Elizabeth Rossie (Masih muda, belum menikah)
    Sapaan: Miss Rossie atau Ms. Rossie
  • Sri Meliawati (Sudah menikah, dengan Tomi Suharta)
    Sapaan: Mrs. Suharta (Diambil dari nama belakang suami)
    Sapaan: Mrs. Meliawati (Diambil dari nama sendiri, jika tidak tahu nama suaminya, atau suaminya telah meninggal)

Ada juga wanita yang tetap ingin menggunakan Mrs. “husband lastname” walaupun suaminya telah meninggal, karena dia masih merasa menjadi bagian dari keluarga suaminya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan kata sapaan Ms. Mrs. dan Miss. Baca juga artikel lainnya ya.

Baca juga:
Jawaban thank you selain you are welcome
Cara lain bilang “happy
the same as; similar to; different from

Visited 5 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment