TOEFL ITP – Pengertian dan Definisi

Apa itu TOEFL ITP?

TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language – Institutional Testing Program) adalah salah satu jenis tes TOEFL dari ETS (Educational Testing Service) yang diselenggarakan oleh institusi kredibel yang telah memiliki lisensi atau kerjasama dengan ETS seperti tempat kursus bahasa Inggris, atau lembaga bahasa di perguruan tinggi.

TOEFL ITP biasanya digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah atau melamar pekerjaan. Namun dapat juga digunakan untuk kepentingan pribadi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris.

Soal-soal TOEFL ITP tidak jauh berbeda dari jenis tes TOEFL lainnya dan terdiri dari tiga bagian yaitu listening (50 soal), structure and written expression (40 soal), dan reading (50 soal). Rentang skor TOEFL ITP yang akan diperoleh adalah 310 (minimum) hingga 677 (maksimum).

Apa Beda TOEFL ITP dan TOEFL PBT?

TOEFL ITP dan PBT dapat dikatakan serupa. Perbedaannya, TOEFL ITP biasanya diselenggarakan untuk kepentingan internal organisasi, sedangkan TOEFL PBT dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih luas.

PBT merupakan singkatan dari paper-based test yang dapat diartikan sebagai tes berbasis kertas. Sesuai dengan artinya tersebut, TOEFL PBT akan menyediakan kertas soal serta kertas lembar jawaban untuk diberikan kepada peserta ujian. Biasanya juga peserta akan menghitamkan pilihan jawabannya pada lembar jawaban dengan menggunakan pensil 2B.

Tidak jauh berbeda dengan TOEFL PBT, TOEFL ITP juga diselenggarakan dengan berbasis kertas. Perbedaannya hanya pada bagian tes yang harus dikerjakan. TOEFL ITP hanya menguji tiga bagian yaitu listening, structure and written expression, dan reading, sementara TOEFL PBT memiliki ujian tambahan yaitu writing.

Soal yang diujikan dalam kedua jenis tes tersebut tidak begitu berbeda karena pada dasarnya soal yang digunakan pada TOEFL ITP merupakan soal yang sebelumnya sudah digunakan pada ujian TOEFL PBT.

Perbedaan penting selanjutnya adalah biaya ujian. Biaya ujian TOEFL ITP biasanya berkisar di Rp. 300.000,- sedangkan TOEFL PBT sedikit lebih mahal yaitu US $150 atau kisaran Rp. 1.600.000,-

Apa Jenis Tes TOEFL Selain TOEFL ITP?

Selain TOEFL ITP, ada 3 jenis TOEFL lain yang bisa kamu ambil. Tentunya setiap jenis memiliki keunikan masing-masing. Adapun jenis-jenis test TOEFL selain ITP yaitu:

  • TOEFL PBT (paper-based test)
  • TOEFL IBT (internet-based test)
  • TOEFL CBT (computer-based test)
Visited 4 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment