Apa arti Resort?

Resort adalah penginapan yang dibangun di suatu area dengan pemandangan alam yang indah. Biasanya resort akan ditemukan di sekitar lokasi wisata alam misalnya pegunungan yang sejuk atau pantai,

Pengertian resort bisa juga dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan wisata, olahraga, keagamaan, kebudayaan, kesehataan, konvensi, atau kepentingan usaha lainnya. Lebih tepatnya resort merupakan penginapan yang menyediakan fasilitas-fasilitas peristirahatan, pertemuan, dan rekreasi sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam saat menginap di resort tersebut.

Resort sebenarnya sama dengan Hotel, bedanya hanya pada lokasi dan tujuan resort tersebut dibangun. Singkatnya, resort adalah hotel yang menawarkan pemandangan alam yang indah serta area rekreasi.

Baca juga:
Perbedaan resort dan hotel
Perbedaan resort dan villa
Perbedaan inn, guesthouse, homestay, hotel, dan motel

Jenis-jenis resort

Resort dibangun dengan desain yang memberikan nuansa eksotis dan rekreatif yang biasanya didukung dengan berbagai fasilitas rekreasi dan pemandangan alam. Selain itu, bangunannya biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan berbeda daripada bangunan hotel pada umumnya. Berdasarkan lokasinya dan fasilitasnya, resort dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:

1. Mountain Resort Hotel

Resort ini tentunya berlokasi di sekitar area pegunungan yang menonjolkan pemandangan alam khas daerah pegunungan untuk menarik pengunjung. Biasanya rekreasi yang ditawarkan bersifat kultural atau kebudayaan dan hal-hal natural seperti mendaki gunung, pemandian air panas, dan perkebunan.

2. Health Resort and Spas

Resort jenis ini pada umumnya didirikan pada daerah yang memiliki potensi wisata yang mendukung pemulihan tubuh misalnya karena lelah bekerja atau depresi tekanan pekerjaan. Fasilitas yang ditawarkan misalnya pemandian alam seperti air terjun dan air panas. Sesuai dengan namanya, biasanya juga disediakan fasilitas spa yang akan memulihkan kebugaran pengunjung dan melakukan relaksasi.

3. Beach Resort Hotel

Resort ini akan berlokasi di sekitar area pantai dengan mengutamakan potensi dan pemandangan khas pantai dan laut sebagai tenaga utama untuk menarik minat pengunjung. Fasilitas yang ditawarkan tentu berkaitan dengan pantai seperti area berjemur, area olahraga pantai, private beach, selancar, atau berenang.

4. Marina Resort Hotel

Marina Resort biasanya tidak terlalu berbeda dengan beach resort. Namun hotel jenis ini lebih menekankan pada potensi kawasannya sebagai kawasan perairan. Fasilitas yang ditawarkan biasanya akan mengutamakan kegiatan yang berhubungan dengan air, serta pemandangan tepi pantai

5. Rural Resort and Country Hotels

Penatnya hidup di perkotaan akhirnya menjadi alasan berdirinya resort di area pedesaan. Hal-hal yang ditawarkan dari resort jenis ini adalah potensi dan pemandangan alam di daerah pedesaan atau daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota dan bisingnya suara kendaraan. Beberapa hal yang mungkin ditawarkan pada resort jenis ini adalah hal yang tidak dapat ditemukan di kota, misalnya berburu, bermain golf, memanah, panjat tebing, atau aktivitas lainnya yang jarang ditemukan di perkotaan.

Baca juga:
Perbedaan mountain dan hill

Visited 9 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment