Perbedaan Hotel, Motel, Inn, Guest house, dan Homestay

Apa bahasa Inggrisnya penginapan? Beberapa kata seperti Hotel, Motel, Inn, Guesthouse, dan Homestay semuanya merujuk pada penginapan. Lalu apa perbedaan dari semua kata tersebut?

Tall building

Pastinya, hal yang membedakan penginapan-penginapan tersebut adalah layanan dan dukungan lain yang didapatkan seperti lokasi, pelayanan pelanggan, makanan, luas kamar, harga, dan sebagainya. Nah, agar dapat membedakannya dengan lebih spesifik, mari kita bahas penginapan-penginapan tersebut satu per satu.

Baca juga: Apa itu resort?

Hotel

Hotel merupakan bangunan yang terdiri dari kamar-kamar untuk disewakan beserta fasilitas dukungan lain seperti kolam renang, ruang meeting, ballroom, ruang gym, cafeteria, lobby, dsb. Semakin banyak dan lengkap fasilitas yang ada di hotel, maka akan semakin tinggi peringkat hotel tersebut yang biasanya ditunjukkan dengan bintang. Hotel bintang 5 tentunya akan sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan hotel bintang 1 atau tanpa bintang, baik dari segi fasilitas, layanan, hingga harga yang ditawarkan.

Hotel pada umumnya mampu menampung banyak orang, bisa ratusan hingga ribuan orang sekaligus. Bahkan tidak jarang ditemukan hotel dengan bangunan yang sangat besar dan tinggi, terutama di kota-kota besar.

Motel

Motel sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Hotel, perbedaannya hanya dari tujuan didirikannya motel. Motel pada awalnya merupakan singkatan dari motorist hotel (Hotel untuk pengendara motor) yang didirikan pada pinggiran kota atau lokasi yang jauh dari kota. Tujuan Motel adalah sebagai tempat singgah dan istirahat bagi pengendara kendaraan bermotor yang sedang melakukan perjalanan antar kota.

Ciri-ciri utama Motel adalah lokasinya yang berada jauh di pinggiran kota atau pada jalan lintas antar kota, kemudian biasanya memiliki area parkir yang luas dan terkadang akan didampingi dengan area pengisian bahan bakar serta area warung atau grocery store.

Inn

Inn dapat diartikan sebagai losmen dalam bahasa Indonesia. Pada awalnya, Inn di Eropa merupakan tempat beristirahat yang menyediakan makanan, minuman, dan tempat tidur. Tidak hanya itu, bahkan Inn juga menyiapkan kandang kuda dan makanan kuda sehingga pemilik kuda tidak perlu repot-repot mencari di tempat lain.

Namun, seiring perkembangan zaman, kata Inn sendiri memiliki makna yang tidak jauh berbeda dengan penginapan pada umumnya. Dalam bahasa Indonesia, Inn dapat disepadankan dengan losmen yang terkenal sebagai penginapan murah. Biasanya losmen akan memiliki desain bangunan seperti asrama dengan susunan kamar-kamar yang rapat. Selain itu, losmen juga dikenal dengan istilah Hotel Melati, tapi karena beberapa skandal, saat ini penggunaan istilah Hotel Melati menjadi kurang populer karena terkesan negatif.

Guest house

Guest house merupakan sebuah rumah yang disewakan seperti layaknya penginapan pada umumnya. Guest house ini bisa saja rumah pribadi atau memang rumah-rumah yang disediakan oleh perusahaan penginapan dan pariwisata. Seperti katanya, guest house adalah rumah yang digunakan untuk tamu menginap yang pastinya memiliki fasilitas layaknya sebuah rumah seperti halaman, ruang tamu, ruang keluarga, kamar, kamar mandi, dsb.

Guest house biasanya ditujukan untuk pelanggan yang membawa rombongan. Misalnya satu atau beberapa keluarga yang jumlahnya cukup banyak sehingga akan sangat mahal jika menginap di hotel karena biasanya hotel hanya mengizinkan maksimal 3 orang per kamar. Berbeda dengan guest house yang biasanya tidak memberi batasan jumlah orang yang menginap, namun mungkin akan dikenakan biaya untuk fasilitas tambahan seperti kasur, serta pemakaian air dan listrik.

Homestay

Homestay merupakan jenis penginapan yang sedikit berbeda dari penginapan lainnya karena biasanya pelanggan homestay akan tinggal bersama si pemilik rumah. Konsep homestay adalah menyewakan kamar kosong yang ada di rumah pribadi untuk orang-orang yang sedang melancong. Biasanya ada orang yang memang ingin tinggal dan merasa dekat dengan warga, dan tentunya harga yang ditawarkan juga lebih murah dari penginapan lainnya.

Homestay mungkin agak jarang ditemukan, karena tidak semua orang bersedia menyewakan kamar kosong di rumahnya kepada orang asing. Namun biasanya homestay ditemukan di sekitar area wisata, terutama pada daerah wisata yang berbasis kebudayaan. Selain itu, terkadang ada juga homestay yang ditemukan di dekat sekolah atau perguruan tinggi, atau bisa juga dibilang sebagai kos-kosan tapi pemilik kos ikut tinggal di rumah yang sama.

Baca juga:
Perbedaan mountain dan hill
Istilah bahasa Inggris tentang Kapal

Visited 32 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment