Istilah Bahasa Inggris pada Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau Badminton adalah olahraga permainan yang menggunakan raket (alat berbentuk bulat yang memiliki rongga-rongga dan memiliki tangkai/gagang untuk dipegang). Permainan bulu tangkis dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan dengan saling berlawanan.

Mungkin kamu sudah sangat paham dengan pengertian bulu tangkis karena olahraga satu ini sangat populer di Indonesia. Begitu juga di negara lain, olahraga ini juga sangat populer populer, sehingga event pertandingan internasional seringkali diadakan.

Nah, sudah tahukah kamu istilah-istilah bahasa Inggris dalam permainan bulu tangkis? Ayo simak tabel berikut ini ya!

Istilah Bahasa InggrisPengertian dalam Bahasa Indonesia
AlleyAlley adalah areal permainan pada kedua sisi lapangan antara garis samping untuk tunggal dan garis samping untuk ganda.
BackhandBackhand adalah setiap pengembalian atau pukulan yang dilakukan dari sisi tubuh yang tidak dominan, dengan menghadapkan punggung tangan kearah kok.
BaseTitik di dekat bagian tengah lapangan yang harus menjadi target hampir dari semua pengembalian bola.
BaselineGaris yang terdapat pada batas belakang lapangan
Bird / BirdieObyek yang dipukul dengan raket bulu tangkis sebagai tanda bahwa rally dimulai. Sama juga dengan shuttle, shuttlecock, atau bola bulu tangkis
CarryPengembalian bola yang ditangkap dengan permukaan raket dan dilemparkan ke atas net. Pukulan ini kadang-kadang disebut dengan pukulan lemparan. Pukulan ini dianggap sah selama dilakukan dengan gerak lanjut dari pukulan normal dan bukannya pukulan ganda.
Cross courtPengembalian atau pukulan yang mengarahkan bola menyilang melintasi lapangan.
Double hitPukulan ganda, terjadi jika bola dipukul dua kali secara berurutan pada pukulan yang sama dan merupakan suatu kesalahan.
Double service courtIni merupakan daerah tempat servis di mana servis ganda harus dilakukan. Kedua sisi lapangan bulu tangkis memiliki lapangan servis kanan dan kiri untuk ganda. Kedua lapangan servis ganda tersebut dibatasi dengan garis servis pendek, garis tengah garis samping untuk ganda, dan garis servis belakang untuk ganda.
DrivePengembalian atau pukulan yang mengarahkan bola dalam lintasan yang relatif datar, paralel, dengan lantai, tapi dipukul cukup tinggi untuk melewati net.
Drive serveServis drive, yaitu servis keras dan cepat yang melintasi net dengan lintasan mendatar dan biasanya diarahkan pada bahu lawan yang tidak dominan. Servis ini lebih sering digunakan pada partai ganda.
Drop shotPukulan drop, yaitu pengembalian atau pukulan yang melintasi net dan jatuh ke arah lantai dipukul secara underhand atau overhead dari dekat net atau belakang lapangan.
FaultPelanggaran
Flick serve/returnServis atau pengembalian yang cepat dan datar yang dimulai dengan pergelangan tangan yang melambungkan bola tinggi ke atas jauh di luar jangkauan lawan ke bagian tepi lapangan lawan. Pukulan ini biasanya digunakan dalam partai ganda jika lawan secara konsisten memotong servis.
Follow-throughLanjutan dari pukulan setelah raket mengontak bola.
ForehandPengembalian atau pukulan dari sisi tubuh yang dominan, kebalikan dari backhand.
FrontcourtLapangan bagian depan
GameSalah satu pemain atau tim telah mencapai angka tertentu.
Hairpin drop shotBentuk dari pukulan drop yang dimainkan dari dekat net dimana bola bergerak naik pada satu sisi net dan bergerak turun pada sisi lainnya sehingga membentuk lintasan yang tajam.
InningBabak, giliran untuk menggunakan sisi lapangan yang berbeda.
IBFSingkatan dari International Badminton Federation (Federasi Bulu Tangkis Internasional)
LetSuatu bentuk campur tangan di mana angka terpaksa dimainkan kembali.
LoveDalam penilaian, berarti kosong atau belum ada angka yang didapat.
love-allKosong sama atau belum ada angka yang didapat.
MatchPertandingan yang memiliki jumlah game tertentu. Untuk memenangkan match, anda biasanya harus memenangkan dua dari tiga permainan/game.
Match-pointAngka yang memenangkan match.
Mixed doublesGanda Campuran. Permainan di mana pemain putra dan putri bermain berpasangan.
Net shotPukulan net, yaitu setiap pengembalian di mana bola mengenai net dan jatuh ke bagian lapangan lawan. Istilah ini juga dapat digunakan untuk setiap pukulan pengembalian drop yang dilakukan dari dekat net.
OverheadSetiap pukulan yang dilakukan pada angka di atas ketinggian kepala.
Placement / PlacingPenempatan atau pengembalian untuk memukul titik tertentu pada lapangan lawan di mana lawan akan sulit mengembalikan bola.
Push shotPengembalian atau pukulan yang didorong dengan halus ke lapangan lawan. Dalam partai ganda, pukulan ini biasanya berarti malewati lawan yang berada di dekat net.
RallyIstilah ini mengacu pada pertukaran bola melintasi net antara pemain yang berlawanan dalam memperebutkan setiap angka.
ReceiverPemain yang menerima servis.
Serve / serviceTindakan menempatkan bola dalam permainan pada awal angka atau rally.
ServerPemain yang melakukan servis.
Service overServis dipindahkan dari satu orang/tim ke lawannya (Pindah servis)
Shuttle / shuttlecockKok, benda yang digunakan dalam permainan bulu tangkis. Sama dengan bola.
ShuttlerPemain bulu tangkis atau pebulutangkis.
SmashPengembalian atau pukulan overhead yang dipukul ke arah bawah menuju lapangan lawan dengan kecepatan dan kekuatan yang besar.

Baca juga:
Istilah Bahasa Inggris pada Permainan Catur
Istilah bahasa Inggris dalam dunia Pendidikan
Istilah bahasa Inggris tentang Kapal
Kata bahasa Inggris berakhiran “gh” tapi dibaca “f”
Kata Bahasa Inggris Berakhiran “U”
Cara lain bilang “I am Confused”

Visited 22 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment