Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Jika anda adalah seorang pegawai, pekerja, pengusaha, pebisnis, atau bahkan seorang yang sedang mencari pekerjaan, maka artikel ini adalah artikel yang tepat untuk anda baca.

Bahasa Inggris adalah salah satu kewajiban di banyak sektor dalam dunia kerja. Sayangnya, kebanyakan orang masih kesulitan saat menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tentu saja menjadi hal yang wajar karena masyarakat kita masih menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa asing, bahkan banyak daerah di Indonesia yang belum tersentuh oleh bahasa Inggris.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita sangat jarang menggunakan bahasa Inggris. Mungkin orang-orang di kota besar cukup sering dan terbiasa menggunakan bahasa Inggris, tapi bagi orang-orang di daerah bahasa Inggris sangat-sangat asing dan jarang digunakan.

Oleh karena itu, menjadi lumrah kemudian jika masih banyak orang yang bertanya-tanya:

  1. Apakah belajar bahasa inggris itu penting?
  2. Apakah bahasa Inggris digunakan dalam dunia kerja?
  3. Pekerjaan apa saja yang membutuhkan bahasa Inggris?

Pada artikel ini saya akan mencoba membahas secara sederhana mengapa bahasa inggris itu penting dalam dunia pekerjaan. Faktanya adalah, penggunaan bahasa Inggris saat ini sudah semakin massive dan meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan bahasa Inggris itu penting dalam dunia kerja:

baca juga: Alasan Pentingnya Bahasa Inggris

1. Membuka Peluang Kerja

Tahukah anda bahwa sudah semakin banyak perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia yang mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris. Jika anda pencari kerja, tentu anda akan mengetahui hal tersebut. Rekrutmen pegawai baru saat ini biasanya akan memasukkan poin “bisa berbahasa Inggris” dalam brosur-brosur lowongan kerja mereka. Lihat saja contohnya di bawah ini:

Image by: english5menit.com

 

 

Dari gambar-gambar brosur tersebut sudah cukup jelas rasanya bahwa bahasa Inggris itu sangat diperlukan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, silahkan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian ya.

2. Memperbesar Peluang Karir

Melanjutkan dari poin diatas, jika anda bisa dan menguasai bahasa Inggris, maka hal tersebut dapat memperbesar peluang karir anda pada pekerjaan. Bayangkan saja jika anda sedang bekerja di sebuah perusahaan, dan tiba-tiba perusahaan anda bekerja sama dengan perusahaan asing, kemudian hanya anda yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan mampu berbincang-bincang dengan perwakilan dari perusahaan asing tersebut. Tentu hal ini akan menjadi nilai tambah bagi anda dimata pimpinan. Alhasil, hal ini akan membuka peluang anda untuk promosi jabatan.

3. Informasi Tak Terbatas

Dalam dunia pekerjaan, anda tentu akan sering berkecimpung pada serangkaian permasalahan kerja. Rutinitas anda sehari-hari adalah untuk menghabiskan banyak waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas. Suatu waktu adakalanya anda akan menemui masalah-masalah baru dan tidak dapat anda selesaikan. Bagaimana solusinya? Salah satu solusi yang akan anda lakukan adalah mencari informasi di Internet. Semua jawaban dari permasalahan hampir semuanya sudah tersedia di Internet dan kita semua percaya itu. Masalahnya adalah jika informasi yang tersedia di Internet dituliskan dalam bahasa Inggris dan anda tidak dapat memahaminya, tentu itu akan sangat menyebalkan. Namun jika anda dapat memahaminya, itu akan sangat memudahkan pekerjaan anda bukan?

Dengan memahami bahasa Inggris, anda akan dapat dengan mudah mengetahui dan mendapatkan informasi dari internet. Maka dari itu, dapat kita simpulkan salah satu cara untuk mendapatkan informasi tak terbatas salah satunya adalah dengan menguasai bahasa Inggris.

 

4. Jaringan Usaha Multi-nasional

image by: english5menit.com

Jika anda menguasai bahasa Inggris, anda akan mampu untuk berkomunikasi dengan orang-orang diluar negeri. Dengan begitu, anda akan mampu mengembangkan usaha yang dijalankan perusahaan anda. Atau jika anda ingin membuka usaha baru, anda juga dapat bekerjasama dengan orang dari luar negeri misalnya untuk pengadaan barang atau penjualan barang. Seperti yang kita tahu, usaha multi-nasional adalah salah satu penghasilan tertinggi saat ini karena barang-barang yang diperjualbelikan untuk ekspor dan impor pastilah barang-barang berkualitas tinggi sehingga keuntungan yang dihasilkannya pun juga akan banyak. Jadi, jika ingin menguasai perdagangan dan mengembangkan usaha ditingkat Internasional, maka bahasa Inggris adalah suatu kewajiban.

baca juga: 10 cara belajar cepat bahasa Inggris

5. Persaingan Global dan Professional

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin diatas, oroang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris saat ini secara otomatis akan berada diurutan paling atas dalam bursa tenaga kerja. Jika anda hanya mengandalkan kemampuan profesional saja, tentu anda akan tergilas dan berada pada urutan terbawah dari daftar karena tidak mampu bersaing dengan orang yang setingkat anda namun mampu berbahasa Inggris. Fenomena saat ini adalah perusahaan membutuhkan orang-orang profesional yang mampu berbahasa Inggris. Maka dari itu, apalagi yang anda tunggu. Pelajarilah bahasa Inggris karena bahasa Inggris itu penting.


Sekian dulu pembahasan tentang bahasa Inggris kali ini. Teruslah belajar, karena belajar itu dari buaian hingga ke liang lahat.

So, what are you waiting for?
Learn English Today!

baca juga: Alasan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional

3 thoughts on “Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja”

  1. English is very important, so that we can communicate with other citizens of the country, so that job opportunities and experiences for the nation’s children are not only at home but abroad as well.

    Reply

Leave a Comment