Perbedaan football dan soccer

Fooball atau Soccer?
Apa bahasa Inggris Sepak Bola?

Sepak bola adalah olahraga antar dua kelompok berlawanan yang saling sepak-menyepak bola hingga masuk ke gawang lawan. Permainan ini resminya berlangsung selama 2 x 45 menit dengan 11 orang dalam setiap tim. Pemenang akan ditentukan oleh jumlah/selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Menariknya, ternyata dalam bahasa Inggris ada dua sebutan berbeda dari sepak bola lho, yaitu Football dan Soccer. Walaupun kedua kata tersebut merujuk pada olahraga sepakbola yang sama, tetapi keduanya memiliki makna yang sedikit berbeda. Apa perbedaan football dan soccer? Berikut kita akan membahasnya secara singkat.

Baca juga: Nama-nama Olahraga dalam Bahasa Inggris

Sejarah singkat kata “Football” dan “Soccer”

Olahraga sepakbola pada diketahui muncul pertama kali pada abad ke-19 di Inggris. Saat itu, ada juga permainan bola lain yaitu Rugby, bedanya sepakbola tidak boleh menggunakan tangan dan hanya menggunakan kaki (foot) sedangkan rugby boleh menggunakan tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Itulah sebabnya permainan sepakbola di Inggris kemudian dikenal dengan nama Football (Bola-Kaki). Setelah itu, berdiri pula lembaga yang mengatur peraturan pertandingan sepakbola yang kita kenal dengan nama TheFA (The Football Association).

Selanjutnya, olahraga rugby ternyata juga berkembang dan cukup populer, dan juga sering disebut dengan olahraga football. Sehingga kata “football” menjadi ambigu, apakah yang dimaksud adalah olahraga sepakbola atau olahraga rugby. Untuk membedakannya dengan rugby, akhirnya sepakbola kemudian disebut sebagai association football.

Menurut catatan sejarah, muncul nama Charles Wreford-Brown yang kemudian mencetuskan kata assoccer sebagai pengganti kata football. Kata tersebut merupakan singkatan dari association football (assocc) yang kemudian ditambahkan akhiran -er. Seiring penggunaannya, kata assoccer dibaca lebih singkat menjadi soccer. Walaupun, kebenaran sejarah kata soccer yang dicetuskan oleh Charles Wreford-Brown ini belum bisa dipastikan kebenarannya, poin dan faktanya adalah kata soccer masih terus digunakan sampai sekarang.

Di Amerika Serikat Rugby juga sangat populer dan kemudian menjadi dasar permainan American Football. Bahkan permainan American Football saat ini lebih populer daripada sepakbola. Jadi untuk membedakan American Football dengan Association Football, orang Amerika lebih memilih mengatakan sepakbola dengan sebutan soccer.

Seiring perkembangan dunia olahraga, rugby dan american football kemudian menjadi kurang populer di dunia, sehingga kata football kemudian sebagian besar merujuk pada sepakbola. Hanya di Amerika serikat dan beberapa negara lain yang menyebut soccer untuk permainan sepakbola. Hal ini karena permainan american football masih cukup populer dan kata football bagi mereka tentu akan merujuk pada american football.

Football di Inggris, Soccer di Amerika

Kebanyakan orang lebih senang menyebutnya seperti itu. Keduanya, football dan soccer merujuk pada permainan olahraga yang sama, hanya saja orang Inggris mengenalnya dengan permainan football dan orang Amerika mengenalnya dengan permainan soccer.

Jadi kata mana yang harus dipakai untuk mengatakan sepakbola dalam bahasa Inggris?
Tentu dua-duanya bisa dipakai, tergantung situasi, kondisi, dan juga siapa lawan bicaranya ya. Tapi sepertinya kebanyakan orang akan menyebutnya dengan kata football. Hanya orang Amerika Serikat dan beberapa negara lain seperti Korea dan Filipina yang menggunakan kata soccer.


Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat ya!
Baca juga artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
Lomba Agustusan dalam bahasa Inggris
Many and Much: Perbedaan dan contoh kalimatnya
Perbedaan “foot” dan “leg”

Visited 20 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment