Lomba Agustusan dalam bahasa Inggris

Kegiatan Tujuh Belasan sudah menjadi tradisi setiap bulan Agustus untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai macam kegiatan pun dilakukan, mulai dari festival, perlombaan, dan kompetisi yang semuanya disertai dengan hadiah-hadiah. Tujuan dari semua kegiatan tersebut adalah untuk menyebarkan kegembiraan atas kemerdekaan Indonesia kepada seluruh lapisan masyarakat serta menumbuhkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air.
Baca juga: Bahasa Inggris Hari Kemerdekaan

Perlombaan Tujuh Belasan diselenggarakan dalam berbagai bentuk permainan dan lomba, seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, dsb. Tahukah kamu bahasa Inggris dari perlombaan-perlombaan Agustusan tersebut? Ayo kita simak nama-nama lomba Agustusan dalam bahasa Inggris berikut ini:

Egg-and-Spoon Race / Lomba balap kelereng

Diluar negeri, perlombaan balap kelereng biasanya menggunakan telur sebagai pengganti kelereng, sehingga mereka menyebutnya egg-and-spoon race. Telur yang digunakan juga bisa bermacam-macam, ada yang menggunakan telur berukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar. Selebihnya, tata cara perlombaannya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Pada perlombaan ini, peserta akan menggigit sendok yang diujungnya ada telur atau kelereng kemudian berlomba menuju garis akhir tanpa menjatuhkannya.

Tapi, kita juga bisa menggunakan istilah marble-and-spoon race untuk perlombaan balap kelereng agar artinya sesuai dengan bahasa Indonesianya.

Greasy Pole / Lomba panjat pinang

Bahasa Inggris Panjat Pinang adalah greasy pole. Walaupun jika diartikan akan menjadi “tiang berminyak”, tapi begitulah perlombaan panjat pinang dalam bahasa Inggris.

Dalam perlombaan ini, para peserta akan bekerja sama dalam sebuah tim untuk memancat pohon pinang yang sudah dilumuri minyak. Tujuan mereka memanjat pinang berminyak tersebut adalah untuk mendapatkan berbagai macam hadiah yang ada di puncak.

Tug of War / Lomba tarik tambang

Jika diartikan, Tug of War adalah perang tarik-menarik, tapi dalam bahasa Indonesia lebih tepat diartikan tarik tambang.

Permainan tarik tambang dilakukan oleh dua tim yang menarik tali tambang berlawanan dan mengadu kekuatan serta kekompakan tim mereka. Tim yang menang adalah yang mampu menarik lawannya hingga batas tertentu.

Cracker Eating Competition / Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk dalam bahasa Inggris adalah cracker eating competition. Perlombaan satu ini tidak pernah ketinggalan setiap tujuh belasan. Walaupun sangat sederhana, tapi perlombaan ini sangat seru dan membawa kegembiraan selama prosesnya, sehingga perlombaan ini menjadi yang paling sering dilakukan.

Biasanya, kerupuk akan digantung menggunakan tali. Setelah perlombaan dimulai, peserta akan memakan kerupuk tersebut secepat mungkin. Hal yang seru dari perlombaan ini adalah peserta tidak boleh menggunakan bantuan tangan ketika memakan kerupuk.

Orang luar negeri mungkin tidak pernah melakukan perlombaan makan kerupuk. Hal ini cukup wajar karena kerupuk sangat jarang ada diluar negeri. Kalaupun ada, jarang sekali ada yang ukurannya cukup besar.

Tapi, mereka juga sering melakukan perlombaan yang serupa misalnya lomba makan burger (burger eating competition) di Amerika Serikat yang diadakan setiap tanggal 4 Juli.

Sack Race / Lomba balap karung

Bahasa Inggris dari lomba balap karung adalah sack race. Perlombaan ini dilakukan dengan masuk kedalam karung kemudian melompat-lombat menuju garis akhir. Pemenangnya tentu saja yang pertama menyentuh garis akhir.

Perlombaan ini terdengar cukup mudah, akan tetapi banyak sekali orang yang terjatuh sebelum menyentuh garis akhir. Di beberapa daerah, peserta akan diberikan aksesoris yang membuat perlombaan menjadi semakin sulit, seperti menggunakan helm, membawa tas ransel, atau menggunakan kacamata hitam.

Lomba balap karung juga selalu berkembang dan memiliki banyak variasi. Hal ini dikarenakan perlombaan balap karung sangat menyenangkan dan menghibur.

Baca juga:
Kata-kata bahasa Inggris tentang kepribadian
Apa bahasa Inggris Lebaran?
Kata-kata Gaul Bahasa Inggris

Visited 58 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment