Apa perbedaan Mr. dan Sir dalam bahasa Inggris?

Kamu pasti pernah mendengar panggilan Mr. dan Sir, ya kan? Dua kata tersebut merupakan kata sapaan atau panggilan dalam bahasa Inggris untuk seorang laki-laki. Menggunakan kata sapaan merupakan bagian dari kesopanan atau politeness dalam berbahasa, jadi sangat penting untuk mengetahui cara penggunaannya dalam situasi formal maupun informal.

Perbedaan Mr. dan Sir. beserta contohnya akan kita bahas pada artikel kali ini. Silahkan simak dengan seksama ya!
Baca juga: Ms Miss dan Mrs. – Apa perbedaannya?

Apa itu Mr?

Mr. merupakan singkatan dari Mister yang berarti “tuan”. Kata Mr. digunakan untuk menyapa seorang laki-laki dengan sopan. Biasanya digunakan untuk orang yang lebih tua atau lebih dewasa, tapi sering juga digunakan untuk laki-laki yang sebaya atau lebih kecil. Cara penggunaannya adalah dengan menyebutkan family name atau last name setelah kata Mr.

Berikut ini contoh penggunaan kata Mr. atau Mister:

  • Ronney Andreas
    Sapaan: Mr. Andreas
  • Joko Suharto
    Sapaan: Mr. Suharto
  • Franky Sitanggang
    Sapaan: Mr. Sitanggang

Apa itu Sir?

Kata Sir juga memiliki makna yang sama dengan Mr. yang berarti “tuan”. Bedanya hanya pada posisi pengunaannya saja, dan juga tanpa penyebutan nama dari orang yang disapa atau dipanggil. Penggunaan kata sapa “sir” biasanya dalam situasi percakapan formal, misalnya dalam keadaan bekerja saat melayani pelanggan atau menyapa tamu.

Contoh penggunaan kata sapa sir dalam bahasa Inggris yaitu:

  • Excuse me, sir! (Permisi tuan!)
  • What can I do for you, sir (Apa yang bisa kubantu, tuan?)
  • This is the best product for you, sir! (Ini adalah produk terbaik untuk anda, tuan!)

Penggunaan kata sapaan “sir” selalu berada dibelakang, tapi tahukah kamu jika kata “sir” juga dapat digunakan di depan nama orang yang kita sapa/panggil?

Di Inggris, seseorang yang memiliki prestasi atau berjasa untuk negara akan diberikan gelar “sir” dan secara langsung dilantik oleh raja atau ratu. Gelar ini bermula di abad pertengahan dimana para raja dan bangsawan akan memiliki gelar kehormatan “sire”, dan pemberian gelar ini masih ada sampai sekarang.

Kata “sir” sebagai gelar kehormatan akan diletakkan di depan nama. Berikut ini beberapa orang yang telah diberikan gelar kehormatan “sir” dari Kerajaan Inggris:

  • Sir Alex Ferguson (Pelatih Klub Sepak Bola Manchester United)
  • Sir Arthur Conan Doyle (Penulis dan Pencipta Sherlock Holmes)
  • Sir Winston Churchill (Perdana Menteri Britania Raya)
  • Sir Stamford Raffles (Pendiri Singapura, sempat memimpin koloni Inggris di Indonesia dan Namanya dipakai untuk Bunga Raflesia)
  • Sir Rowan Atkinson (Komedian Inggris, a.k.a. Mr. Bean)
  • Sir Lewis Hamilton (Pembalab F1)

Sudah tahu kan beda Mr. dan Sir?
Jadi jangan sampai salah menggunakannya ya. Bagikan juga artikel ini ke rekan-rekanmu yang belum tahu perbedaannya. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
Do, Does, Did, Doing, Done
Perbedaan noun, adjective, verb, dan adverb
Perbedaan Night dan Evening

Visited 44 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment