10+ Singkatan Bahasa Inggris yang sering digunakan

Ketika berkomunikasi sehari-hari, seringkali kita menemukan singkatan-singkatan tertentu. Bahkan, singkatan-singkatan tersebut terkadang bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan dari bahasa asing misalnya bahasa Inggris. Apalagi pada saat chatting atau berbalas komentar di media sosial, kita juga sering menjumpai singkatan-singkatan tersebut. Salah satu fungsinya adalah untuk mempersingkat pesan dan menghemat karakter.

Nah, apa saja singkatan-singkatan yang sering digunakan tersebut? Berikut beberapa singkatan yang sering kita jumpai dan berasal dari bahasa Inggris:

DIY

DIY adalah singkatan dari “Do it Yourself” yang memiliki arti “lakukan sendiri”. Seringkali kita menemukan kata DIY pada video-video yang menunjukkan cara membuat sesuatu misalnya membuat bunga dari sampah plastik.

Kata DIY bisa juga menjadi kata sifat, misalnya ketika kita membuat taplak meja dari kain perca, maka kita bisa menyebutnya “Taplak Meja DIY” atau “DIY Tablecloth”

FYI

FYI yang merupakan singkatan dari “For your information”. Arti dari FYI yaitu “asal kamu tahu”. Biasanya digunakan ketika ingin membagikan informasi yang menarik atau mungkin belum pernah diketahui oleh orang lain.

Contoh kalimat yang menggunakan FYI misalnya: “FYI, Bahasa Indonesia is the ninth most widely used language in the world”

COD

Singkatan yang satu ini pasti sudah sangat sering kita temui. COD merupakan singkatan dari “cash on delivery” yang artinya bayar ketika barang tiba. Tentu saja COD digunakan pada transaksi jual beli yang menggunakan jasa antar. Biasanya, kita menemukan kata-kata COD ini pada toko-toko online yang memberikan layanan pengantaran langsung ke lokasi kita.

RIP

RIP sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kepanjangan dari RIP adalah “Rest in Peace” dan digunakan dalam keadaan berduka karena meninggalnya seseorang.

Rest in Piece (RIP) merupakan doa yang sering diucapkan orang-orang untuk menunjukkan rasa belasungkawa atas meninggalnya seseorang. RIP juga sering ditulliskan di batu nisan pada kuburan orang tersebut.

VIP & VVIP

Beberapa orang hanya mengetahui VIP sebatas hal-hal yang berkaitan dengan kemewahan dan popularitas. Padahal VIP merupakan singkatan dalam bahasa Inggris yaitu “Very Important Person” yang artinya “orang yang sangat penting”. Biasanya kita menemukan kata VIP pada tempat khusus yang diperuntukkan bagi orang-orang penting atau orang yang membayar lebih.

Selain itu, ada juga VVIP yang merupakan singkatan dari “Very Very Important Person” yang menunjukkan level yang lebih tinggi dari VIP. Fasilitas yang diberikan untuk VVIP biasanya merupakan fasilitas terbaik dan kelas atas yang pastinya harganya juga sangat mahal.

LOL, LMAO, & LMFAO

Seringkali kita menemukan ketika singkatan tersebut pada komentar mengenai hal-hal lucu. Biasanya LOL, LMAO dan LMFAO akan disertai emoticon tertawa dan sejenisnya. Lalu apa arti dari ketiga singkatan tersebut? Berikut ini kepanjangan dari ketiganya:

  • LOL : Laughing Out Loud
  • LMAO : Laughing (My Ass) Out
  • LMFAO : Laughing (My Fucking Ass) Out

Arti dari LOL, LMAO, dan LMFAO adalah “tertawa terbahak-bahak”. Ketikanya dapat digunakan pada situasi yang sama, tapi untuk LMAO dan LMFAO lebih sering digunakan pada situasi yang lebih santai dengan teman sebaya.

ASAP

ASAP merupakan singkatan dari “As soon as possible” yang artinya “sesegera mungkin” atau “secepat mungkin”. Biasanya ASAP digunakan saat meminta orang melakukan sesuatu dengan cepat. Misalnya pada contoh kalimat berikut ini:

  • You need to come home ASAP. The food will not wait for you
    (Kamu harus pulang segera. Makanannya akan segera habis)

FAQ

Frequently Asked Questions atau lebih sering dituliskan menjadi FAQ. Arti dari FAQ adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditanyakan, jadi agar tidak ditanya dan dijawab berulang-ulang, dibuatlah sebuah bagian informasi yang berisikan pertanyaan langsung dengan jawabannya.

FAQ sering kita temui pada situs dan aplikasi untuk memudahkan pengguna dan pengelolanya. Dengan adanya FAQ, pengguna tidak perlu lagi bertanya hal-hal tertentu kepada pengelola, cukup membacanya saja pada bagian informasi FAQ yang sudah disediakan.

IDK

Arti IDK adalah “saya tidak tahu” seperti kepanjangannya yaitu “I don’t know“. Tidak ada aturan khusus dalam penggunaan singkatan IDK, yang jelas ketika kita tidak mengetahui sesuai cukup menuliskan IDK saja. Contoh penggunaan singkatan IDK dalam kalimat misalnya:

  • IDK u’r good at singing
    (Aku tidak tahu kalau kamu bagus dalam bernyanyi)

AFK

Kalau kamu suka bermain game online, kamu akan sering menemui istilah AFK. Tidak hanya dalam permainan game online, kata AFK juga bisa digunakan saat chatting. Lalu apa kepanjangan AFK?

AFK adalah singkatan dari “Away From Keyboard” yang berarti “Jauh dari Keyboard”. Istilah AFK sering digunakan ketika seseorang yang sedang online tidak aktif atau tidak membalas chat karena sedang tidak berada didekat keyboard nya.

BRB

“be right back” merupakan kepanjangan dari BRB yang biasanya digunakan ketika ingin pergi sebentar dan kembali lagi. Sama seperti AFK, istilah BRB sering digunakan saat bermain game online atau saat sedang chatting. Contoh penggunaan BRB dalam kalimat seperti:

  • BRB, I need to go to the toilet!
    (BRB, mau ke toilet dulu)

IMO

Saat menyampaikan pendapatnya, orang-orang sering menggunakan singkatan IMO. Apa kepanjangan dari IMO?
IMO adalah singkatan dari “In my opinion” yang artinya “menurut pendapat saya”. Biasanya orang-orang menggunakan singkatan IMO di forum atau kolom komentar pada sosial media.

Itulah beberapa singkatan yang berasal dari bahasa Inggris dan sering digunakan sehari-hari. Apakah masih ada singkatan lain yang belum kamu ketahui? Tulis saja di kolom komentar ya.

Baca juga artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
Perbedaan Trust dan Believe
Cara lain bilang “Happy”
tongue twister

Visited 9 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment