4 Skill Bahasa Inggris yang Harus Kamu kuasai

Bahasa Inggris adalah hal yang harus kamu kuasai di zaman sekarang ini. Nah, untuk menguasai bahasa Inggris, akan ada 4 skill (keterampilan) yang harus dilatih. Seperti bahasa lain pada umumnya, 4 skill dalam bahasa Inggris adalah Listening, speaking, reading, dan writing.

Bagaimana cara meningkatkan keempat skill bahasa Inggris tersebut? Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

Listening (Mendengarkan)

Listening adalah skill pertama dalam bahasa Inggris yang harus kita kuasai. Memang secara alamiah kita akan mendengarkan terlebih dahulu baru kemudian mulai berbicara. Nah, maka dari itu, sebelum melanjutkan ke keterampilan selanjutnya, kita harus melatih kemampuan mendengarkan terlebih dahulu.

Mahir Listening

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melatih kemampuan listening yaitu mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, menonton video berbahasa Inggris, atau mendengar rekaman pidato berbahasa Inggris. Jika kamu punya teman yang bisa berbahasa Inggris, mintalah dia untuk sering-sering menggunakan bahasa Inggris agar kamu terbiasa.
Baca juga: Tips dan trik meningkatkan kemampuan listening

Speaking (berbicara)

Setelah menguasai listening, maka selanjutnya adalah untuk mencoba melatih kemampuan speaking. Biasanya, jika sudah mengerti apa yang diucapkan orang lain dalam bahasa Inggris, maka perlahan-lahan kita juga akan bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Tapi tentunya tidak cukup hanya melatih listening saja, kita juga harus melatih kemampuan speaking.

Tongue twister

Meningkatkan kemampuan speaking dapat dilakukan dengan banyak cara, yang jelas harus banyak latihan. Cara yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah dengan mengulangi apa yang dikatakan orang lain dalam bahasa Inggris. Teknik ini biasanya digunakan oleh para guru didalam kelas untuk melatih siswanya melakukan pronounciation yang tepat.

Cara selanjutnya untuk melatih speaking adalah dengan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Kita bisa melakukannya bersama teman, atau bahkan dengan native speaker. Zaman sekarang memang mudah mencari teman dari negara lain, kan? Jadi manfaatkanlah teknologi informasi yang berkembang saat ini untuk melatih kemampuan speaking kamu.

Reading (membaca)

Jika kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa, akademisi, atau sekedar orang yang suka membaca, maka kamu harus melatih kemampuan reading kamu. Mengapa? karena sebagian besar informasi dan ilmu pengetahuan dituliskan dalam bahasa Internasional seperti bahasa Inggris. Jika tidak bisa membaca, maka kamu akan ketinggalan informasi.
Baca juga: Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional

Reading memang cukup penting, bahkan ada banyak teknik yang dikembangkan agar membaca menjadi lebih efisien seperti teknik skimming, scanning, dan skipping. Semua teknik-teknik tersebut ditujukan agar para pembaca dapat memahami intisari dari teks dengan cepat. Jadi, kita bisa membaca dan memahami buku 100 halaman hanya dalam waktu 1 sampai 3 jam saja.

Writing (menulis)

Writing merupakan skill yang paling susah dikuasai, begitulah yang dikatakan kebanyakan orang termasuk saya. Tapi para ahli juga berpendapat bahwa menulis memang membutuhkan kerja otak yang lebih besar dari ketiga skill lainnya. Hal ini mungkin dikarenakan writing akan menghasilkan suatu “produk” yang bisa dibaca berulang-ulang, sehingga penulis ingin tulisannya sesempurna mungkin.

Berbeda dengan speaking yang juga memproduksi bahasa, writing memiliki kesulitan tersendiri yang menyebabkan banyak orang tidak bisa melakukannya. Seseorang bisa saja berbicara tanpa berhenti sampai 5 menit, tapi belum tentu dia bisa menuliskan idenya untuk memenuhi 1 lembar kertas A4.

Tips meningkatkan kemampuan writing adalah dengan banyak membaca. Seperti pepatah yang sering muncul “penulis yang baik adalah pembaca yang baik pula”. Yah kira-kira seperti itu.


Itulah sedikit penjelasan tentang 4 skill bahasa Inggris yang wajib kita kuasai. Ingat, skill akan dikuasai jika sering dilatih. Jadi sering-seringlah melatih keempat skill bahasa tersebut.

Jangan berhenti disini saja, baca juga artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
15 cara lain untuk mengucapkan “Good Luck”
Cara jitu belajar bahasa Inggris dalam sekejap
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris melalui Video Game

Visited 41 times, 1 visit(s) today

1 thought on “4 Skill Bahasa Inggris yang Harus Kamu kuasai”

Leave a Comment