9 Cara Terbaik agar Mahir Listening Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah mempunyai masalah dengan listening? Atau mungkin memiliki pengalaman buruk dengan listening? Mungkin kamu pernah tidak mengerti sama sekali apa yang sudah diucapkan oleh seseorang dalam bahasa Inggris. Tenang saja, hal itu adalah hal biasa. Bahkan ada banyak orang yang mengalami masalah yang sama.

Pertanyaannya adalah, apakah kita perlu untuk mempelajari listening? Harus kita pahami. listening merupakan salah satu skill dalam penguasaan bahasa. Listening harus dikuasai bersamaan dengan skill lainnya yaitu: speaking, reading, dan writing, sehingga kita dapat menguasai bahasa Inggris dengan sempurna.

Nah, sekarang, bagaimana sih cara-cara agar kita dapat menguasai skill listening dengan baik? Kali ini kita akan membahas tips dan trik belajar skill listening dan sudah dirangkum menjadi 9 cara terbaik belajar listening


baca juga:
Alasan pentingnya bahasa Inggris
Cara cepat belajar bahasa Inggris

1. Buatlah learning goals 

Hal yang paling utama untuk berhasil dalam belajar adalah untuk membuat tujuan belajar. Jika kamu tidak mempunyai tujuan, biasanya kamu tidak akan serius untuk belajar. Maka dari itu, buatlah tujuan-tujuan yang mungkin kamu capai. Tidak perlu yang terlalu jauh, cukup tujuan-tujuan kecil yang mempunyai arah yang jelas.

Adapun tujuan-tujuan belajar yang dapat kamu buat yaitu seperti:

  • Saya belajar listening supaya dapat nilai tinggi saat tes TOEFL
  • Saya belajar listening supaya paham saat mendengar bule berbicara
  • Saya belajar listening biar nonton film gak pake subtitle lagi

Tentunya kamu bisa buat tujuan belajar sendiri kan, buatlah tujuan belajar yang realistik dan dapat dicapai. Jangan lupa untuk membuat target waktu belajar sehingga akan lebih jelas dalam kurun waktu berapa lama kamu akan belajar listening.

2. Belajar dan Berlatih sesuai kemampuan

Hal ini sepertinya cukup jelas. Kalau kamu baru belajar bahasa Inggris dan kemampuan kamu masih rendah, maka jangan coba-coba mendengarkan bahasa Inggris seperti siaran berita, debat ataupun weather forecast. Bisa-bisa kamu bakal putus asa dan gak mau belajar lagi.

Pilihlah materi-materi listening yang sesuai dengan kemampuan kamu atau setingkat lebih tinggi. Jika kamu melakukan latihan listening dan memahami materinya diatas 70%, maka kamu akan lebih termotivasi untuk berlatih listening lebih banyak lagi.

3. Fokus dan Konsisten saat belajar

Nah, setelah punya arah tujuan belajar, dan juga memiliki materi yang sesuai dengan kemampuan kamu, sekarang adalah saatnya untuk fokus dan konsisten saat sedang belajar. Belajarlah dengan serius dan jangan main-main. Begitupun saat istirahat maka istirahatlah dan jangan memaksa untuk belajar. Aturlah waktu belajar dengan baik dan carilah tempat-tempat terbaik sehingga tidak ada yang mengganggu kamu saat belajar.

Pasyi tidak menyenangkan sedang asyik belajar listening, tiba-tiba teman kamu atau saudara kamu datang dan merusak suasana belajar. Maka dari itu, sebisa mungkin berikan pengertian kepada orang-orang disekitar kamu kalau kamu sedang belajar listening jangan diganggu.

4. Pahami pesan yang disampaikan, jangan menerjemahkan

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika listening adalah menerjemahkan semua hal yang disebutkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika kamu masih melakukan hal ini, kamu akan kesulitan ketika ada beberapa kata yang tidak kamu ketahui artinya.

Cara yang paling tepat adalah untuk mendengarkan dan memahami maksud dari setiap kalimat yang diucapkan. Jika ada kata-kata yang tidak kamu ketahui, cukup ditebak-tebak saja karena artinya tidak akan jauh-jauh dari konteks yang sedang dibicarakan. Intinya adalah, jika kamu paham maksud dari si pembicara, maka kamu tidak perlu mengetahui arti dari setiap kata yang dia ucapkan. Nanti, setelah selesai mendengarkan audio listening nya, kamu dapat mencatat dan mencari arti dari kata-kata yang tidak kamu pahami.

Pada saat belajar, biasakan telinga kamu untuk terus mengikuti kalimat demi kalimat, dan pahami maksud dari setiap kalimat tersebut. Hindari mengulang-ulang rekaman karena pada percakapan yang sebenarnya, kamu tidak bisa mengulang-ngulang percakapan.

5. Biasakan mendengar dalam bahasa Inggris

Mungkin hal ini terdengar kuno, tapi hal ini merupakan salah satu kunci penting untuk menguasai skill listening dan bahkan juga skill lain dalam bahasa Inggris. Cobalah sesering mungkin untuk mendengarkan bahasa Inggris apapun itu, bisa lagu, berita, live streaming artis luar negeri, ataupun ramalan cuaca berbahasa Inggris. Buatlah telingamu terbiasa dengan hal-hal tersebut dan jadikan bahasa Inggris sebagai sebuah kebiasaan.

Yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris ataupun menonton film-film berbahasa Inggris. Setelah telinga kamu 08mulai terbiasa dengan lagu dan film berbahasa Inggris, cobalah untuk menaikkan level listening kamu dengan mendengarkan percakapan yang lebih rumit misalnya siaran berita dalam bahasa Inggris.

unsplash.com (alireza-attari-671192)

6. Dengarkan bahasa Inggris yang Otentik

Dalam dunia pendidikan, biasanya disebut sebagai authentic material atau materi otentik. Otentik berarti asli tanpa rekayasa. Contoh materi otentik yaitu percakapan sehari-hari yang direkam langsung tanpa adanya settingan sehingga materinya benar-benar apa adanya. Selain itu, wawancara dan siaran berita dalam bahasa Inggris juga merupakan materi otentik yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris.

Materi yang non-otentik adalah materi-materi seperti soal-soal ujian, lagu, ataupun film. Materi tersebut tidak otentik karena tidak 100% sama dengan bagaimana kita menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Percakapan yang dilakukan dalam sebuah film kadang-kadang tidak sesuai jika kita bandingkan dengan keadaan nyata. Begitupun pada soal-soal listening yang ada di sekolah-sekolah atau tempat kursus.

Biasakanlah dirimu untuk melakukan listening dengan materi-materi yang otentik. Karena, akan sangat bermanfaat dibandingkan dengan bahasa Inggris yang non-otentik.

7. Jangan terpaku pada 1 atau 2 jenis bahasa Inggris saja

Kamu harus tahu bahwa bahasa Inggris tidak hanya British dan American saja. Kebanyakan kita hanya membandingkan kedua jenis bahasa Inggris tersebut. Padahal ada banyak sekali jenis-jenis bahasa Inggris didunia ini berdasarkan dialect dan accent nya.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis bahasa Inggris yang mungkin belum kamu tahu

    • Australian English
    • Singaporean English
    • Indian English
    • Malaysian English
    • Indonesian English

Nah, itu cuma beberapa saja. Bahkan ada Indonesian English juga kan. Maka dari itu, jangan sekali-sekali menganggap bahwa British English atau American English adalah bahasa Inggris yang paling benar, karena bahasa itu berkembang dengan sangat cepat dan memiliki banyak sekali dialek dan aksen. Intinya adalah orang yang menggunakan bahasa Inggris bukanlah orang Inggris dan Amerika saja. Orang Jepang, Korea, Arab, dan orang-orang di negara Afrika juga menggunakan bahasa Inggris sehingga bahasa Inggris mempunyai banyak sekali ragam.

8. Manfaatkan gadget sebaik mungkin

Gadget seperti smartphonemp3 player, dan sejenisnya sepertinya sudah menjadi bagian hidup setiap orang. Maka dari itu, jangan sia-siakan fitur yang ada pada gadget kamu. Siapkan earphone, headset, handsfree atau apapun kamu menyebutnya dan isi gadget kamu dengan konten-konten berbahasa Inggris. Setelah itu, silahkan manfaatkan setiap kesempatan untuk mendengarkan konten-konten bahasa Inggris yang sudah ada di gadget kamu. Cukup simple kan?

StockSnap.io (70JMTNDBJI)

9. Berlatihlah sesering mungkin

Yang satu ini merupakan hal yang paling penting. Percuma saja jika kamu mempunyai semua sumber daya yang dibutuhkan untuk belajar listening tetapi kamu jarang atau bahkan tidak pernah berlatih.

Semua ahli sepertinya setuju bahwa salah satu kunci kesuksesan adalah dengan berlatih secara terus menerus. Nah, sekarang giliran kamu untuk membuktikannya. Sering-sering lah berlatih. Tidak usah dengan volume latihan yang terlalu banyak, cukup dengan latihan-latihan kecil tapi sering dilakukan. Jangan khawatir jika kamu tidak mengerti arti dari kata-kata yang diucapkan pada saat latihan listening, karena dengan sering berlatih secara tidak sadar kamu akan menambah banyak vocabulary.


baca juga: alasan orang tidak bisa bahasa Inggris
Pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja
Alasan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional

6 thoughts on “9 Cara Terbaik agar Mahir Listening Bahasa Inggris”

  1. Kesulitan ku dalam belajar bahasa inggris apalagi listening yaitu dari cara mendengarkan, apa yang orang bule katakan/orang lain katakan, karena terkadang kita tau kosakata nya tpi tidak tau cara membacanya.
    Saya selalu bingung ini orang bicara apa sii gitu kan
    Mohon sarannya,terimakasih

    Reply
  2. Terima kasih atas berbagi tips listeningnya, sangat bermanfaat bagi saya yang masih kesulitan dalam mendengarkan percakapan bahasa inggris

    Reply

Leave a Comment