7 Peluang Usaha dengan Modal Bahasa Inggris

ide dan peluang bisnis bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan di zaman ini. Mulai dari bahasa Inggris untuk dunia kerja, sampai bahasa Inggris yang di gunakan untuk sekedar bercakap-cakap dengan orang asing. Bahasa Inggris sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman, jadi mau tidak mau semua orang akan mencoba mempelajarinya. Sebagai tambahan, baca juga: Mengapa bahasa Inggris itu penting?

Saat ini sudah banyak orang yang bisa berbahasa Inggris dengan cukup baik. Mungkin kamu adalah salah satunya. Lalu apa yang bisa kamu lakukan dengan kemampuan bahasa Inggris tersebut? Selain untuk modal mencari kerja, kamu bisa membuka beberapa usaha hanya dengan bermodalkan kemampuan bahasa Inggris lho.

Beberapa hal yang bisa jadi ide usaha dengan modal kemampuan berbahasa Inggris yaitu seperti: membuka kursus, les privat, jasa penerjemah, dan menjadi tour guide.

1. Membuka Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu cukup yakin dengan skill bahasa Inggris yang kamu miliki, maka membuka kursus Bahasa Inggris adalah pilihan yang cukup bagus.

Saat ini, masih banyak orang tua yang tidak percaya kurikulum bahasa Inggris di sekolah. Ya, memang ada benarnya juga, karena walaupun sudah setiap minggu belajar bahasa Inggris di sekolah, tetap saja masih banyak anak-anak yang tidak bisa berbahasa Inggris. Mendaftarkan anaknya ke lembaga kursus bahasa Inggris adalah salah satu solusi yang menjadi pilihan orang tua untuk masalah tersebut.

Pastinya ini adalah peluang usaha yang cukup bagus untuk kamu yang punya modal kemampuan bahasa Inggris. Walaupun nantinya kamu juga akan berhadapan dengan tantangan seperti: kepercayaan pelanggan, promosi, kualitas pendidikan, sarana prasarana, layanan kursus, dan lain-lain. Tapi hasil yang kamu dapatkan nanti pasti akan sepadan dengan usaha yang kamu lakukan.

2. Membuka Privat Bahasa Inggris

Membuka kursus bahasa Inggris mungkin akan cukup sulit bagi beberapa orang, karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan terlalu banyak siswa yang harus dihadapi. Oleh karena itu, membuka les privat bahasa Inggris menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk mendapatkan penghasilan dengan modal bahasa Inggris.

Les privat biasanya menghasilkan lebih banyak uang daripada menjadi guru dan mengajar di sekolah, terutama jika dibandingkan dengan guru-guru honorer. Yah, kita semua tahu bagaimana nasib guru honorer di Indonesia yang memiliki penghasilan sangat pas-pasan.

Menjadi guru privat memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  • bisa menentukan tarif setiap pertemuan,
  • hanya mengajar satu atau beberapa orang,
  • mengajar dengan metode yang dipilih sendiri,
  • sering mendapat tip dari orang tua siswa.

Kuncinya tinggal bagaimana cara untuk mempromosikan kemampuan bahasa Inggris kamu. Hal yang dapat kamu lakukan adalah menyebarkan pamflet, atau juga promosi melalui media sosial kamu. Semakin meyakinkan iklan dan promosi yang kamu buat, maka akan semakin besar peluang kamu akan mendapatkan job. Jangan lupa untuk menjaga kualitas juga ya.

3. Membuka Jasa Penerjemah

Jika kamu tidak suka mengajar, maka pilihan selanjutnya adalah menjadi penerjemah. Walaupun sekarang sudah banyak aplikasi penerjemah (misalnya google translate), tapi jangan khawatir karena masih banyak juga orang-orang yang tidak bisa mengandalkan google translate.

Bagaimana maksudnya? Bukankah google translate sudah sangat bagus?

Google translate hanya menerjemahkan kata-kata yang tersusun dengan rapi sesuai kaidah bahasa. Ketika muncul kalimat dengan grammar yang berantakan, maka aplikasi tersebut akan kesulitan menerjemahkannya. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasi penerjemah bahasa Inggris lainnya.

Jika kamu sudah cukup profesional nantinya, kamu tidak hanya akan menerjemahkan satu atau dua halaman saja, tetapi bisa saja menerjemahkan satu buku. Hebat bukan? Menerjemahkan satu buku dan dibayar per-lembar tentu akan sangat menguntungkan.

Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi penerjemah lho. Jadi kamu hanya perlu memperbaiki kalimat-kalimat yang diterjemahkan dengan berantakan oleh aplikasi tersebut.

Agar lebih jelas lagi, kamu bisa baca analisis usaha penerjemah pada artikel: Jago Bahasa Inggris? Buat Usaha Penerjemah

4. Membuka Jasa Tour Guide

Bahasa Inggris kamu cukup baik untuk bercakap-cakap? Jika iya, maka menjadi tour guide mungkin adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi kalau daerah tempat tinggal kamu memiliki potensi wisata yang cukup baik. Tentunya, target utama kamu adalah turis-turis asing. Kalau turis lokal sih gak pake tour guide juga bisa berkelana di Indonesia, hehe.

Tour guide adalah pekerjaan yang cukup menyenangkan. Banyangkan saja, kamu kerjanya hanya memandu orang jalan-jalan dan kamu dibayar. Buktinya, banyak orang yang bekerja sebagai tour guide terutama pada daerah-daerah wisata seperti Yogyakarta dan Bali. Bahkan anak sekolah pun bisa menjadi tour guide untuk mencari tambahan uang jajan. Modalnya cuma satu, yaitu mampu berbicara dan bercakap-cakap dengan fasih menggunakan bahasa Asing.

5. Menjadi Penulis

Jago bahasa Inggris, tapi hobinya di rumah aja? Mungkin kamu bisa mencoba menjadi penulis.

Modal yang kamu perlukan hanyalah komputer atau laptop, ide tulisan, makanan ringan, dan secangkir minuman. Atur waktu yang tepat, kemudian mulailah menulis. Tapi, menulis apa?

Tahukah kamu, kalau tulisan bisa menghasilkan uang?
Yang paling simpel adalah membuat e-book tentang bahasa Inggris, kemudian kamu bagikan ke Internet. Kalau kamu yakin tulisan kamu cukup bagus, kamu bisa memberikan harga pada e-book tersebut. Topik yang kamu tulis juga tidak perlu yang ribet-ribet. Tulisan yang mudah dibaca dan dipahami akan lebih disenangi oleh pembaca. Jadi tuliskan saja materi-materi seperti: cara cepat belajar bahasa Inggris, panduan grammar, cara menghafal tenses, dan lain-lain.

Tahap selanjutnya, kamu bisa naik tingkat menjadi penulis buku. Setelah tulisan kamu selesai, langsung saja kirimkan ke editor atau ke publisher dan tunggu jawaban mereka tulisan kamu diterima atau tidak. Yang pasti, tulisan kamu harus benar-benar orisinil dan memiliki ciri khas tersendiri agar bisa diterima.

6. Menjadi Blogger

Masih berkaitan dengan menulis, pilihan selanjutnya adalah menjadi blogger. Kalau belum tahu, Blogger adalah orang yang mengupload konten berupa artikel di website pribadinya.

Untuk menjadi seorang blogger, kamu harus memiliki website pribadi dulu. Ada banyak sekali platform blogging yang bisa kamu gunakan, jadi silahkan pilih sendiri. Jika kamu berminat, mungkin kamu bisa membaca artikel: Membuat blog baru

Kamu dapat membagikan tulisan-tulisan kamu mengenai bahasa Inggris atau bahasa Asing lainnya di blog kamu. Bisa berbentuk cerita, berbagi pengalaman, atau artikel yang berisi materi belajar bahasa Inggris. Semuanya bebas, kamu yang atur, ya karena blog nya punya kamu.

Lalu apa keuntungan menjadi blogger?
Kamu bisa mendapatkan uang dari tulisan-tulisan yang kamu posting di blog kamu.

Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari blog?
Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Seperti menampilkan iklan adsense di blog, menawarkan jasa iklan pada perusahaan yang berhubungan dengan blog kamu, menjual produk di blog, dan lain-lain.

Kalau kamu cari di Internet, ada banyak sekali kisah blogger yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dari blogging. Jadi, jangan sia-siakan kemampuan kamu, mulai saja dulu.

7. Menjadi Penulis Artikel

Kalau tidak mau ribet mengurusi blog, kamu dapat menawarkan jasa menjadi penulis artikel. Kamu bisa menulis artikel di blog orang lain, bahkan menulis artikel di situs berita.

Biasanya, blogger-blogger sukses memiliki banyak sekali blog. Jelas tidak mungkin mereka mampu menulis banyak artikel sekaligus. Jadi mereka menerima jasa penulisan artikel untuk blognya. Ini kesempatan yang bagus bukan?

Tawarkan diri kamu untuk membuat artikel. Dengan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa membuat artikel untuk blog-blog dari luar negeri. Jadi kemungkinan kamu akan dibayar dengan Dollar per-tulisan kamu. Kalau untuk artikel di Indonesia, biasanya kamu akan mendapatkan bayaran sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000 per-500 kata. Lumayan kan?

Semakin banyak artikel yang kamu buat setiap hari, maka semakin besar penghasilan kamu.


Itulah beberapa peluang usaha yang bisa kamu lakukan dengan bermodalkan bahasa Inggris. Kesimpulannya adalah, untuk mendapatkan penghasilan, kita tidak harus mengandalkan ijazah atau sertifikat. Kita juga tidak perlu melamar kerja sana-sini tapi ujung-ujungnya tidak diterima.

Jika kamu punya kemampuan dan keahlian tertentu, maka carilah peluang usaha yang sesuai. Kemudian manfaatkan kemampuan kamu untuk mendapatkan penghasilan. Seperti halnya bahasa Inggris yang menjadi hal yang penting dalam kehidupan di zaman sekarang ini, sehingga membuka banyak peluang usaha bagi yang menguasainya.

1 thought on “7 Peluang Usaha dengan Modal Bahasa Inggris”

  1. Luar biasa bisa belajar bahasa inggris jika kita mampu untuk memanfatkan peluang bisnis. dengan terus berlatih skill kita akan terus bertambah.
    thankyou

    Reply

Leave a Comment