6 alasan orang tidak bisa berbahasa Inggris

Kita semua sudah tau bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dan sudah digunakan dibanyak negara. Tapi tetap saja masih banyak orang yang tidak bisa atau bahkan tidak perduli pada bahasa Inggris. Ada yang mengatakan bahasa Inggris tidak penting, bahasa Inggris hanya untuk orang sombong, dan segala macam alasan. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, alasan utama yang ditemukan tentang mengapa banyak orang tidak bisa bahasa Inggris adalah kurangnya minat belajar dan juga karena dikehidupan sehari-hari tidak pernah menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, wajar saja jika banyak orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih kurang.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas apa saja alasan-alasan orang mengapa mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Sebenarnya ada banyak sekali alasan mengapa orang-orang tidak bisa atau tidak mau belajar bahasa Inggris. Tapi dalam artikel ini, yang akan dibahas adalah alasan-alasan yang sering digunakan saja. Berikut ini adalah beberapa alasan yang sering digunakan banyak orang tentang bahasa Inggris:


1. Bahasa Inggris Tidak digunakan sehari-hari

Jika kita membandingkan kehidupan di kota dan di daerah pinggiran, maka kita dapat melihat jelas perbedaan penggunaan bahasa Inggris. Orang-orang di daerah pinggiran pada umumnya tidak terlalu mengenal pentingnya bahasa Inggris. Kebanyakan dari mereka bekerja sehari-hari dengan menggunakan bahasa indonesia atau bahkan bahasa daerah. Apalagi di desa, boro-boro menggunakan bahasa Inggris, bahasa Indonesia saja terkadang mereka masih belum lancar. Dari fenomena-fenomena ini, wajar saja jika masih banyak orang menganggap bahwa bahasa Inggris tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Faktanya, dunia saat ini sedang berkembang dengan pesat. Perkembangan saat ini menunjukkan kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Satu lagi yang digembar-gembor kan saat ini adalah era revolusi industri 4.0 yang menekankan pada kompetensi dan daya saing. Melihat perkembangan ini, salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah bahasa Inggris. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menuntut pegawainya bisa berbahasa Inggris.

Jika hanya melihat lingkungan sekitar kita, maka yang kita lihat adalah kurangnya atau bahkan tidak ada orang yang menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, cobalah membuka wawasan menjadi lebih luas agar kita tau bahwa bahasa Inggris itu penting.

baca juga:
Bahasa Inggris dan dunia Kerja
Mengapa bahasa Inggris itu penting

2. Tidak ada sarana untuk belajar bahasa Inggris

Masih ada saja orang yang punya alasan seperti ini. Sebenarnya alasan satu ini merupakan alasan yang sangat klasik. Alasan seperti ini sudah tidak berlaku lagi, kenapa? Karena kemajuan zaman sekarang ini membuat kita semua punya akses terhadap sarana belajar, terutama internet. Seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua orang sudah punya smartphone, bahkan ada yang punya lebih dari satu. Otomatis kita punya koneksi ke internet, bukan?

Media internet sudah menyediakan berbagai macam informasi untuk belajar bahasa Inggris. Semua yang disediakan diinternet pun kebanyakan adalah gratis, sehingga untuk saat ini sesungguhnya tidak ada lagi alasan kita untuk tidak belajar bahasa Inggris karena semuanya sudah tersedia.

3. Guru yang kurang mampu mengajar dengan baik

Alasan yang satu ini memang cukup sering kita temui. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan negara yang menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa Asing (English as a Foreign Language), sehingga akan sedikit kesulitan untuk mempelajarinya apa lagi mengajarkannya. Hampir semua guru Bahasa Inggris adalah orang Indonesia Asli yang tidak pernah keluar negeri. Parahnya lagi, guru-guru kita di Indonesia belajar bahasa Inggris melalui buku-buku textbook yang sebenarnya sangat berbeda dengan bahasa Inggris di lapangan.

Begitulah faktanya, karena kita tidak mungkin mendatangkan sekian banyak penutur asli bahasa Inggris untuk menjadi guru di Indonesia. Solusinya adalah para guru bahasa Inggris harus mampu mengembangkan kemampuan mengajar mereka sehingga para siswa benar-benar termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.

Para siswa juga tidak bisa menyalahkan guru bahasa Inggris. Karena bahasa harus dipelajari dan dialami agar bisa mengerti dan digunakan. Siswa-siswa harus mencari cara dan tempat belajar tambahan sehingga mereka bisa memahami bahasa Inggris dengan baik. Jika para siswa hanya berharap dari guru, maka mereka akan lambat mempelajari bahasa Inggris.

4. Bahasa Inggris tidak akan digunakan dalam dunia kerja

Hal ini merupakan alasan yang sangat keliru. Apa-apa saja yang kita kerjakan dizaman sekarang ini membutuhkan bahasa Inggris sebagai salah satu pendukungnya. Jika kita menutup mata dan hanya melihat sekitaran kita dimana orang-orang tidak pernah menggunakan bahasa Inggris, maka kita akan menganggap bahwa bahasa Inggris itu tidak penting. Tapi, jika kita melihat lebih jauh kedepan, kita akan tahu bahwa orang-orang sudah menggunakan bahasa Inggris untuk mempermudah pekerjaannya.

Bahasa Inggris itu sangat penting dalam dunia pekerjaan. Contoh nyata sederhananya yaitu pada brosur-brosur dan pamflet-pamflet lowongan kerja. Kalau kamu adalah seorang yang menjadi pencari kerja, maka kamu akan tahu bahwa ada banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris. Jadi ada yang mengatakan kalau bahasa Inggris tidak digunakan dalam pekerjaan, maka mungkin dia belum move on dan masih menggunakan gaya lama.

baca juga: Pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja

5. Bahasa Inggris itu sok keren

Sudah menjadi hal yang biasa kalau orang yang berbicara bahasa Inggris disebut sebagai sok keren, sombong, ataupun pandir. Mungkin saat ini masih banyak orang yang punya pendapat seperti itu. Bagi orang-orang yang tidak bisa bahasa Inggris, mungkin hal tersebut menjadi alasan mereka dan juga untuk menenangkan hati mereka sendiri. Padahal sudah jelas-jelas bahasa Inggris itu sangat keren.

Biasanya pada masyarakat yang jauh dari perkotaan sering dianggap sok keren jika menggunakan bahasa Inggris. Sering juga disebut sebagai “sok kota, padahal ndeso” dan sejenisnya. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. Coba bayangkan, ketika kamu bisa berbahasa Inggris dan disebut sok keren, lalu ada orang asing yang datang ke kampungmu dan menanyakan alamat. Tidak ada yang bisa menjawab dan hanya kamu yang bisa. Bukankah hal tersebut sangat keren? Mungkin teman-temanmu akan terperangah dan mulai menganggap bahwa bahasa Inggris itu keren.

6. Bahasa Inggris tidak terlalu penting

Dari seluruh pembahasan yang ada diatas, sepertinya sudah sangat jelas bahwa bahasa Inggris itu sangat penting. Bahasa inggris digunakan didunia kerja, bahasa inggris menjadi bahasa internasional, bahasa inggris menjadi bahasa komunikasi di internet, dan masih banyak lagi alasan-alasan yang menyatakan bahwa bahasa Inggris itu sangat penting di zaman sekarang ini.

Namun tetap saja masih banyak orang yang menganggap bahasa Inggris itu tidak terlalu penting. Munkin saja mereka tidak pernah bersentuhan dengan bahasa Inggris secara langsung dalam kehidupannya sehingga mereka belum tau bagaimana pentingnya bahasa Inggris saat ini. Padahal sudah terlihat jelas didepan mata, dan mau tidak mau suatu hari nanti bahasa Inggris akan menjadi suatu hal wajib dalam kehidupan kita. Maka dari itu bahasa Inggris menjadi hal yang penting untuk kita pelajari.


Masih ada banyak orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dengan berbagai macam alasannya. Mungkin suatu saat nanti semua orang akan sadar akan pentingnya bahasa Inggris ini. Oleh karena itu, untuk kalian yang sudah membaca artikel ini, teruslah belajar bahasa Inggris ya karena tidak ada ruginya malah ada banyak keuntungannya.

Baca juga:
Alasan mengapa bahasa Inggris itu penting
Cara cepat belajar bahasa Inggris

Visited 7 times, 1 visit(s) today

2 thoughts on “6 alasan orang tidak bisa berbahasa Inggris”

  1. Bagi Saya Bahasa Inggris itu sangatlah penting untuk berkomunikasi dengan masyrkat negara lain, agar bisa bertukar fikiran, pendapat, serta solusi. Dengan Kemajuan Teknologi di jaman sekarang mempermudah kita belajar bahasa inggris & memungkinkan merubah sudut pandang masyarakat bhasa inggris sok keren dll, mejadikan kemajuan untuk Anak – anak Bangsa.

    Reply
  2. bagi saya bahasa inggris sangatlah penting bagi saya, disamping untuk komunikasi dengan orang asing, kita juga bisa bekerja sama dengan mereka dalam berbagai hal atau bidang, seperti : budaya, pendidikan, ekonomi, dan politik. jika kita dapat menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris, maka kita akan mudah unutk bertukar pendapat dengan mereka

    Reply

Leave a Comment