Cara belajar Grammar Bahasa Inggris dengan mudah

Grammar atau tata bahasa adalah kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa Inggris. Maka dari itu, mempelajari grammar sangatlah penting. Bahkan, secara sadar atau tidak sadar, ketika kita mempelajari sebuah bahasa, kita juga akan mempelajari tata bahasanya.

Grammar

Kebanyakan orang yang bukan native speaker, biasanya akan membuat kesalahan tata bahasa saat mereka berbicara menggunakan bahasa Inggris. Walaupun maksud dari perkataan mereka masih bisa dipahami, namun mungkin saja akan terdengar aneh atau sedikit menggelitik di telinga si pendengar. Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus menggunakan tata bahasa yang baik sesuai dengan keadaan misalnya formal dan non-formal.

Cara belajar grammar yang efektif dan efisien pastinya diperlukan. Maka dari itu, berikut ini kita akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari grammar dengan mudah:


6 langkah untuk meningkatkan Grammar Skill

1. Pahami fungsi kata

Langkah pertama adalah untuk memahami fungsi-fungsi dari setiap kata yang menyusun sebuah kalimat, Misalnya penggunaan kata benda, kata sifat, kata ganti, dan lain-lainnya. Kata-kata tersebut dikenal juga dengan part of speech, yang lebih tepatnya terdiri atas: noun, verb, adjective, adverb, preposition, pronoun, conjunction, and interjection.

2. Pelajari struktur kalimat

Setelah memahami part of speech, maka selanjutnya adalah mempelajari dan memahami bentuk kalimat dalam bahasa Inggris. Ada banyak jenis kalimat yang bisa kamu temui seperti:

Bentuk kalimat dalam bahasa Inggris memang cukup banyak. Pelajarilah bentuk-bentuk umum terlebih dahulu, pahami strukturnya seperti subject, object dan predikatnya. Setelah itu, baru belajari bentuk-bentuk kalimat yang lebih rumit.

3. Berlatih disetiap kesempatan

Menguasai sebuah skill haruslah dilakukan dengan banyak berlatih. Maka dari itu, sering-seringlah berlatih. Ketika menemukan kesempatan berlatih, maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Jika sulit menemukan kesempatan, maka buatlah kesempatan tersebut. Pada intinya, kamu harus sering berlatih, bisa saja membaca, menonton, mendengarkan musik, latihan didepan cermin, atau pergi ke komunitas bahasa Inggris.

4. Kerjakan soal-soal latihan grammar

Soal-soal latihan grammar terbukti cukup efisien untuk meningkatkan kemampuan grammar. Kamu bisa mengerjakannya sendiri atau bersama dengan teman. Selain itu, ada banyak soal-soal latihan grammar yang bisa kamu download dari internet.

5. Cari mentor atau guru

Selain belajar sendiri, kamu juga bisa belajar bersama orang lain, bisa bersama teman atau langsung dengan guru atau mentor. Seorang mentor pasti akan sangat membantu kamu belajar, paling tidak saat bertemu dengan mentor, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mudah dipahami daripada belajar sendiri. Selanjutnya, kamu juga bisa bertanya-tanya dengan mentormu tentang apapun terkait materi yang sedang kamu pelajari.

6. Ikut kursus bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris akan memberikan banyak pengetahuan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Tentunya, langkah yang satu ini cukup klise karena sudah terlalu biasa. Tapi tetap saja kursus bahasa Inggris akan membantu kamu belajar dengan lebih baik. Sebuah tempat kursus pastunya sudah mempunyai kurikulum beserta silabus pembelajaran dan indikator keberhasilan. Jadi setiap orang yang ikut kursus, diharapkan akan menguasai materi yang dipelajarinya.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan grammar. Baca juga artikel lainnya tentang bahasa Inggris di english5menit.com

Baca juga:
asking for permission: cara meminta izin dalam bahasa Inggris
Perlukah Grammar? Apakah Grammar itu penting?
Cara jitu belajar bahasa Inggris dalam sekejap

Leave a Comment