Perlukah Belajar Grammar?

Grammar adalah kumpulan dari aturan-aturan penggunaan bahasa, mulai dari susunan kata, frasa, hingga kalimat. Selain mengatur penggunaan bahasa, grammar juga berfungsi untuk membuat bahasa menjadi lebih indah dan mudah dipahami sehingga grammar juga diartikan menjadi tata bahasa.

Dalam bahasa Inggris, grammar sering juga disebut structure.

Ketika sedang mempelajari bahasa Inggris, pastinya kita akan sering berhadapan dengan materi grammar. Apalagi di sekolah, biasanya lebih banyak mempelajari grammar daripada latihan conversation. Soal-soal ujian pun banyak yang berkaitan dengan grammar. Tetapi, faktanya ketika bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris dengan orang asing, grammar yang kita pelajari terkadang tidak terpakai karena terlalu kaku.

Jadi, apakah kita perlu mempelajari grammar? 
Ada yang menjawab perlu, dan ada pula yang tidak. Bergantung pada sudut pandang mana yang digunakan. Untuk penjelasan lebih lanjut, kita akan membahas: Apakah grammar itu penting atau tidak penting?

Baca juga: 
Mengapa bahasa Inggris penting?
Mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional?


Grammar itu Penting

Jika kamu ingin mahir menggunakan bahasa Inggris, maka kamu harus mempelajari grammar. Mengapa? Karena dengan menguasai grammar, kamu bisa menggunakan bahasa yang rapi dan teratur. Kalau kamu menggunakan bahasa Inggris yang rapi dan teratur, tentu akan mudah dipahami oleh lawan bicaramu nantinya.

Grammar itu perlu dipelajari

Ada beberapa alasan yang membuat grammar menjadi penting untuk dipelajari, yaitu:

    1. Kita akan mempelajari cara menggunakan bahasa yang baku, baik, dan benar sesuai dengan kaidah bahasa. Jadi, kita akan percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.
    2. Mengetahui susunan kata, frasa, dan kalimat yang tepat untuk digunakan pada situasi yang berbeda, termasuk tingkat kesopanan (politeness level) yang kamu gunakan.
    3. Jika kamu ingin menjadi seorang public speaker dan penulis, maka kamu harus menguasai grammar agar kata-katamu jelas dan dapat dimengerti oleh orang lain.
    4. Dalam dunia akademik, grammar adalah hal yang sangat penting. Kamu akan banyak menulis ketika menjadi akademisi, jadi pastinya kamu harus menguasai grammar agar tulisanmu dapat dipahami.
    5. Kuliah diluar negeri? Tentu kamu harus memahami grammar, dan biasanya akan di tes sebelum kamu mendaftar ke universitas.
    6. Untuk mencari kerja, biasanya akan ada syarat “bisa berbahasa inggris”. Salah satu bukti bisa berbahasa Inggris adalah dengan sertifikat TOEFL (Test of Englsih as a Foreign Language) yang isinya sebagian besar adalah grammar atau structure.
      Baca juga: Pentingnya bahasa Inggris dalam dunia Kerja

Grammar itu tidak penting

Banyak juga orang yang berpendapat bahwa kita tidak perlu mempelajari grammar. Menurut mereka, yang terpenting adalah bisa berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris. Selama orang lain memahami apa yang kita bicarakan, dan kita juga mengerti apa yang orang lain katakan, maka kemampuan bahasa kita sudah cukup.

Hal ini biasanya disetujui oleh orang-orang yang belajar bahasa Inggris tidak pada jalur akademik atau sekolah. Mereka yang belajar bahasa Inggris langsung di lapangan pasti akan lebih banyak praktik dan latihan daripada mempelajari tata bahasa yang tidak akan mereka gunakan. Jadi, mereka lebih fokus pada memperbanyak vocabulary agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Grammar itu tidak perlu dipelajari

Pernyataan ini bisa menjadi benar tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Ada beberapa alasan mengapa kita tidak perlu belajar grammar, atau setidaknya tidak perlu mempelajari grammar dengan serius. Berikut alasan mengenai grammar tidak perlu dipelajari:

    1. Grammar itu terlalu baku, formal, dan kaku. Saat bercakap-cakap, kita seringkali tidak memperhatikan aturan-aturan tata bahasa. Kita juga sering menggunakan kata-kata slang dengan susunan yang berantakan.
    2. Jika kamu ingin menggunakan bahasa yang formal setiap saat, maka kamu harus belajar grammar. Faktanya, dalam sehari hanya sebagian kecil waktu yang kita gunakan untuk berbicara dalam bahasa formal.
    3. Bahasa dengan grammar yang baik akan terdengar aneh jika digunakan ditempat umum. Orang-orang lebih suka bahasa yang santai dan tidak terlalu kaku.
    4. Banyak orang yang hanya belajar speaking, seperti anak-anak yang menjadi tour guide di daerah wisata. Mereka fokus meningkatkan vocabulary dan kemampuan speaking saja. Mereka hanya mempelajari grammar seadanya, atau hanya grammar yang mereka perlukan.
    5. Kebanyakan grammar yang kita pelajari di sekolah tidak kita gunakan dalam percakapan sehari-hari ketika menggunakan bahasa Inggris.
    6. Banyak orang percaya bahwa memperbanyak vocabulary adalah hal yang paling penting pada tahap awal belajar bahasa Inggris. Setelah itu, barulah mempelajari grammar untuk dapat menggunakan bahasa inggris dengan lebih baik lagi.

Bagaimana menurutmu?
Pada intinya, grammar itu menjadi penting atau tidak penting sangat tergantung darimana kita melihatnya. Kita pasti akan mempelajari grammar saat mempelajari bahasa baik secara langsung maupun tidak langsung. Tapi yang paling penting, kita dapat berkomunikasi dengan baik saat menggunakan bahasa Inggris.

Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai grammar. Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada sesuatu yang ingin didiskusikan.

Baca juga artikel-artikel lainnya di english5menit.com ya!


 

–> Perbedaan noun, verb, adjective, dan adverb
–> Perbedaan will and shall
–> Cara lain mengucapkan “Good Luck”

2 thoughts on “Perlukah Belajar Grammar?”

  1. I think it is necessary because we can distinguish between what is standard and what is not, what is rigid and what is not rigid

    Reply

Leave a Comment