Game Scrabble Bisa Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dari bermain game? Tentu bisa!
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari bahasa Inggris, salah satunya adalah dengan melakukan suatu permainan seperti Scrabble. Selain bermain, belajar bahasa Inggris tentunya akan menjadi lebih menyenangkan.

Apakah Scrabble bagus untuk belajar Bahasa Inggris?
Banyak orang setuju bahwa permainan Scrabble dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena permainan Scrabble memaksa pemainnya untuk menghapalkan kata-kata dalam bahasa Inggris, semakin banyak kata yang diketahui, maka semakin besar peluang untuk menang.

Scrabble sendiri merupakan sebuah board game atau permainan papan yang cukup menarik. Para pemain akan mengambil huruf-huruf dan harus menyusun huruf-huruf tersebut menjadi sebuah kata dan meletakkannya pada kotak-kotak yang ada dipapan. Setiap huruf memiliki poin tersendiri, begitupun beberapa posisi di papan yang memberikan bonus nilai bila diisi. Jadi strategi dalam permainan ini adalah menghapalkan kata-kata bahasa Inggris sehingga mampu melihat kemungkinan kata yang dapat dibuat dari huruf-huruf yang didapatkan dan menghasilkan nilai yang tinggi untuk setiap katanya.

Scrabble dapat menambah kosakata bahasa Inggris

Sangat jelas bahwa semakin banyak kosakata yang dikuasai maka akan semakin besar peluang untuk menang dalam permainan scrabble. Para pemain scrabble yang antusias biasanya akan terus menerus menambah kosakata bahasa Inggris mereka, bahkan ada yang selalu membawa kamus bahasa Inggris saat bepergian.

Tentu hal tersebut sangat wajar. Jika kamu pernah bermain scrabble, kamu juga pasti setidaknya memiliki motivasi untuk menambah kosakata bahasa Inggrismu agar dapat memenangkan permainan tersebut. Jadi, dengan bermain scrabble, pemain akan menjadi sangat sering berhubungan dengan kamus, membaca teks-teks berbahasa Inggris, bahkan merangkai kata-kata berbahasa Inggris dari serangkaian huruf yang terlihat.

Scrabble dapat membantu mempelajari grammar

Scrabble juga memaksa pemain untuk lebih memahami grammar. Walaupun tidak semua tentang grammar bisa bermanfaat, tapi ada beberapa jenis grammar yang bisa dimanfaatkan dalam permainan scrabble ini. Contohnya seperti penambahan akhiran (suffix) pada kata, misalnya akhiran s/es pada verb dan noun.
Baca juga: Verb + s/es dan Noun + s/es

Selain itu, ada juga penambahan akhiran -ing pada verb (verb+ing) dan juga perubahan verb menjadi bentuk lampau (past) terutama bentuk regular verb yang memiliki tambahan akhiran -ed.

Penguasaan grammar tentu sangat membantu meningkatkan kemungkinan untuk memenangkan permainan scrabble. Karena akan memberikan pemain lebih banyak kesempatan dan perhitungan untuk menentukan kata apa yang akan dibuat sehingga bisa mendapatkan poin yang tinggi.

Tertarik untuk bermain scrabble? Silahkan dicoba ya!

Baca juga artikel lainnya di english5menit.com

Baca juga:
Permainan untuk Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris
Pancasila dalam Bahasa Inggris
Cara Terbaik agar Mahir Listening Bahasa Inggris

Visited 27 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment