5 Permainan untuk Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris mudah dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara misalnya dengan bermain game. Dengan melakukan permainan, kita akan lebih mudah belajar karena biasanya suasana permainan akan sangat seru, menyenangkan, atau menegangkan sehingga memberikan kesan tersendiri. Permainan yang menarik dan menyenangkan tersebut memungkinkan kita untuk belajar dengan lebih baik. Lalu apa saja permainan yang bisa meningkatkan vocabulary bahasa Inggris?

Baca juga:
9 Cara Terbaik agar Mahir Listening Bahasa Inggris
Perlukah Grammar? Apakah Grammar itu penting?

Game untuk meningkatkan English Vocabulary yang cukup sering dimainkan adalah seperti berikut:

1) Apple to Apples

Permainan Apples to Apples dapat dimainkan oleh 4 orang atau lebih dengan 1 orang berperan sebagai juri. Saat bermain, semua pemain akan meletakkan satu kartu di depan mereka secara tertutup. Kartu yang mereka letakkan harus menggambarkan satu kartu spesial yang berada ditengah meja. Kemudian Juri akan membalikkan semua kartu tersebut secara bersamaan dan menentukan kartu yang paling sesuai dengan kartu spesial tersebut. Pemain yang memiliki kartu terpilih akan mendapatkan poin, dan permainan pun akan dilanjutkan ke babak berikutnya.

Bermain Apples to Apples sangat cocok untuk membantu menghapalkan kosakata bahasa Inggris karena setiap kata akan memiliki penjelasan yang tertulis dibawahnya. Jadi sambil pemain akan bermain sambil belajar.

2) Undercover

Pada permainan ini, ada seorang moderator yang akan membagikan kata sandi kepada seluruh pemain yang memiliki peran berbeda-beda. Ada 3 peran dalam permainan ini, yaitu Citizen, Undercover, dan Mr. White. Moderator akan memberikan kata sandi yang sama untuk para pemeran Citizen, kemudian memberikan kata sandi berbeda untuk pemeran Undercover, sedangkan pemeran Mr. White tidak akan mendapatkan kata sandi.

Dalam permainan Undercover, semua pemain akan memvoting pemain lainnya untuk dieksekusi diakhir permainan. Untuk memenangkan permainan, kelompok Citizen harus berhasil mengeluarkan semua pemain dengan peran Undercover dan Mr. White, sebaliknya kelombok undercover harus mengeluarkan pemain Citizen sampai jumlah tertentu untuk bisa menang. Mr. White memiliki peran yang sedikit berbeda, dia harus mampu menebak kata sandi milik Citizen untuk bisa menang.

Cara bermain Undercover adalah dengan menebak kata milik pemain lain, dan menentukan pemain tersebut sebagai kawan atau lawan untuk kemudian melakukan voting di akhir putaran. Pada setiap putaran, setiap pemain akan memberikan deskripsi dari kata yang dia miliki tanpa menyebutkan kata tersebut. Deskripsi yang diberikan bisa 1 kata, 2 kata, atau bahkan 1 kalimat tergantung pada kesepakatan pemain pada permainan tersebut. Dari deskripsi yang diberikan oleh setiap pemain, semua pemain akan memiliki gambaran kata apa yang dimiliki oleh orang lain sehingga dapat menentukan siapa lawan ataupun kawan. Di akhir putaran, satu orang harus dikeluarkan dari permainan melalui voting, dan kemudian permainan dilanjutkan ke putaran selanjutnya. Jika yang terpilih untuk divoting adalah Mr. White, maka dia akan memiliki kesempatan untuk menebak kata milik citizen, jika kata yang disebutkan benar, maka Mr. White lah yang menang.

Permainan Undercover dapat dengan efektif membantu mempelajari bahasa Inggris, dengan syarat ketika mendeskripsikan kata yang diberikan, pemain harus menggunakan bahasa Inggris.

3) Pictionary

Pictionary adalah sebuah permainan tebak gambar yang dimainkan secara berkelompok. Dalam permainan Pictionary, seorang pemain akan diberikan sebuah kata dan kemudian harus menjelaskan kata tersebut dalam bentuk gambar. Pemain tidak boleh berbicara, membuat gerakan, atau memberikan simbol tertentu untuk memberitahukan pemain lainnya. Hanya dengan membuat gambar, dia harus mampu membuat pemain lain menebak kata apa yang dimaksud dari gambar tersebut.

Permainan Pictionary sangatlah menyenangkan dan cukup digemari. Untuk melatih bahasa Inggris, permainan ini juga cukup membantu karena kamu membutuhkan pemahaman terhadap berbagai macam kosakata bahasa Inggris untuk membantu kamu menjelaskan kata yang diberikan melalui gambar yang kamu buat.

4) Hangman

Pada permainan Hangman, seorang juri akan memberikan satu kata untuk ditebak oleh para pemain. Kata tersebut akan direpresentasikan pada beberapa garis bawah yang menunjukkan jumlah huruf nya. Misalnya kata yang harus ditebak adalah kata “Rabbit”, maka juri akan menuliskan ( _ _ _ _ _ _ ) dan kemudian memberikan penjelasan singkat mengenai kata tersebut. Kemudian para pemain akan diberi kesempatan untuk menebak huruf apa saja yang ada disana, jika huruf yang disebutkan benar, maka juri akan menuliskannya pada sesuai urutannya di garis bawah yang kosong tersebut. Jika huruf yang ditebak salah, maka juri akan menggambar orang-orangan yang digantung.

Orang-orangan yang digantung (hangman) akan digambarkan secara perlahan-lahan untuk setiap huruf yang salah. Misalnya mulai dari kepala terlebih dahulu, badan, tangan kiri, tangan kanan, dan seterusnya hingga tergambar seseorang yang akan digantung. Hal ini merepresentasikan berapa kali kesempatan pemain untuk menebak huruf dengan benar. Jika Hangman tergambar dengan sempurna maka pemain kalah.

5) Scrabble

Permainan Scrabble adalah permainan yang sangat mencerminkan bahasa Inggris. Pada permainan ini, pemain harus mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris untuk bisa menang.

Cara bermain Scrabble adalah dengan menyusun huruf-huruf yang dimiliki menjadi sebuah kata. Akan ada kotak-kotak pada papan permainan yang memiliki tanda poin tertentu sehingga kamu dapat menyusun strategi untuk meletakkan kata tersebut pada kotak tertentu agar memiliki poin tambahan. Selain itu, setiah huruf juga memiliki poin tersendiri, contohnya seperti huruf X, Q, dan Z yang memiliki poin lebih besar daripada huruf vokal seperti A, E, U, I, O.

Dalam permainan ini, biasanya akan disediakan kamus bahasa Inggris yang digunakan untuk memastikan kata yang dibuat oleh lawan merupakan kata bahasa Inggris atau bukan. Dalam beberapa permainan, pemain berhak men-challenge kata yang dibuat lawan, kemudian juri akan mengeceknya di kamus, jika kata tersebut tidak ada, maka pemain akan mendapat penalty atau harus membuat kata baru.

Permainan scrabble sangat membantu pemain untuk mengasah kreativitas dalam menyusun kata-kata bahasa Inggris dari huruf-huruf yang didapatkan, selain itu juga dapat memperluas kosakata bahasa Inggris.


Itulah beberapa permainan yang dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu. Belajar sambil bermain memang sangat menyenangkan dan sudah sering dibuktikan dapat menambah motivasi belajar. Jika hanya belajar bahasa Inggris dengan teori dan rumus saja, pastinya pembelajaran akan sangat membosankan. Nah, hiburlah dirimu dengan permainan-permainan seperti diatas sehingga belajar bahasa Inggrismu menjadi lebih menyenangkan.

Sekian dulu artikel dari english5menit.com kali ini. Baca juga artikel lainnya ya!

Baca juga:
Kesalahan umum dalam menggunakan bahasa Inggris
Jawaban Thank you selain You are welcome
Cara belajar grammar dengan mudah

Visited 16 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment