Istilah Marketing dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Money

Marketing merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah bisnis, bahkan bisa dikatakan sebagai ujung tombak. Tugas utamanya adalah bagaimana menawarkan dan menjual produk atau jasa dari perusahaan kepada pembeli sesuai dengan target pasar dari produk yang dibuat.

Istilah bahasa Inggris dalam marketing cukup sering dijumpai. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan menyimak beberapa istilah marketing dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Baca juga: Perbedaan Tour, Travel, Trip, dan Journey dalam bahasa Inggris

Istilah dalam Marketing

Berikut ini istilah bahasa inggris tentang orientasi marketing yaitu:

  • Product Orientation: Berientasi pada produk. Dalam hal ini marketing yang dilakukan adalah dengan menghasilkan produk dengan fitur-fitur yang bernilai jual. Fitur yang dijual tersebut bisa seperti harga yang murah, kualitas yang bagus, mudah digunakan, dsb.
  • Sales Orientation: Berorientasi pada penjualan. Pada orientasi jenis ini, perusahaan lebih berfokus pada jumlah produksi dan total penjualan. Kualitas produk tidak terlalu menjadi pertimbangan selama produk tersebut laku dipasaran.
  • Market Orientation: Berorientasi pada pasar. Pada pemasaran jenis ini, perusahaan akan lebih fokus untuk menyediakan produk yang dibutuhkan oleh target pasar. Kualitas dan harga produk akan disesuaikan kepada target pasar tersebut.

Istilah-istilah dalam marketing lainnya dalam bahasa Inggris masih ada banyak sekali. Berikut ini ada beberapa istilah bahasa Inggris tentang marketing yang serung dijumpai:

IstilahPengertian
AdvertisingPeriklanan, yaitu menawarkan produk iklan.
Brand RecognitionKesadaran Brand. Merupakan kesadaran pada masyarakat bahwa ada produk dengan brand tertentu. Misalnya, jika disebutkan kata ojek, maka yang terpikirkan oleh seseorang adalah Gojek atau Grab
BrandingPencitraan. Peruhasaan akan memberikan pencitraan pada produknya, misalnya dengan merk, logo, slogan, dsb.
Customer FeedbackUmpan balik pelanggan, yaitu saran, kritik, testimoni, atau informasi lainnya yang diberikan oleh pelanggan tentang produk yang digunakan
Direct MarketingPenjualan Langsung, atau interaktif. Perusahaan akan berkomunikasi secara langsung kepada konsumen, bisa secara tatap muka, telepon, chat, dsb.
InseparabilityTidak dapat dipisahkan. Misalnya Jasa Laundry akan membutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dengan Mesin Cuci dan Setrika.
IntangibilityTidak dapat dipahami
Marketing PlanRencana Pemasaran, pada bagian ini perusahaan akan merencanakan seluruh kegiatan pemasaran
HeterogeneityKeheterogenan. Perusahaan ekspedisi dengan estimasi kota A ke kota B adalah 2 hari, namun waktu tercapainya tidak bisa dipastikan karena ada faktor lain seperti cuaca, keramaian, bencana, dll.
Public RelationsHubungan Masayakat, merupakan usaha yang dilakukan untuk membangun dan mempertahankan hubungan kepada masyarakat
Pull MarketingMerupakan kegiatan marketing yang berusaha mendatangkan pelanggan untuk membeli produknya. Misalnya dengan menceritakan kualitas, kelebihan, fitur, atau informasi menarik tentang produk yang ditawarkan.
Push MarketingMerupakan kegiatan marketing yang mendorong produknya untuk sampai ke konsumen. Misalnya dengan memberikan diskon, atau memberikan reward bagi pegawai yang berhasil menjual produk
TelemarketingMenawarkan produk melalui telepon.
Multi Level MarketingPemasaran multi tingkat, yaitu metode yang digunakan untuk menjual produk lebih dari satu tingkat. Dalam hal ini, mitra akan mendapatkan komisi dari penjualan yang dilakukan oleh penjual pada tingkat dibawahnya.

____________________

Itulah beberapa istilah tentang marketing dalam bahasa Inggris, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Visited 11 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment