Macam-macam tenses dalam bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris pastilah akan selalu bertemu dengan yang namanya jenis dan bentuk kalimat atau sering disebut dengan tenses. Suatu kalimat dalam bahasa Inggris bisa berubah-ubah bentuknya sesuai dengan kondisi dan makna dari kalimat tersebut.

Walaupun banyak orang yang berpendapat bahwa belajar tenses tidak perlu-perlu amat, namun tenses tetap harus dipelajari. Mengapa? Menurut berbagai sumber, jika kamu sudah memahami tenses maka sudah dapat dipastikan bahwa kamu telah 60% menguasai bahasa Inggris.

Alasan lainnya untuk mempelajari tenses yaitu jika kamu ingin menulis (writing) atau berbicara (speaking) maka kamu akan membutuhkan pemahaman tentang tenses. Hal ini untuk memudahkan kamu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan tidak membuat bingung para pembaca atau pendengar.

Ada lagi, jika kamu pernah bertemu dengan turis asing yang menggunakan bahasa Indonesia dengan kurang beraturan, biasanya kamu akan merasa sedikit terganggu atau sekedar merasa lucu. Memang bisa dimaklumi dan hal tersebut cukup wajar karena mereka bukan orang Indonesia. Begitulah kira-kira jika para native speaker saat memperhatikan kita yang menulis atau berbicara dalam bahasa Inggris tapi menggunakan tenses dan grammar yang kurang beraturan.

Maka dari itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara singkat macam-macam tenses yang ada dalam bahasa Inggris.

Apa itu Tenses dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika kita ingin mahir dalam bahasa Inggris, maka salah satu syaratnya adalah untuk memahami tenses yang ada dalam bahasa Inggris.

Tenses, atau dalam bahasa Indonesia disebut “kala”, adalah pembedaan dari kata kerja (verb) yang digunakan untuk menyatakan perbedaan waktu atau lama keadaan/perbuatan. Tenses dalam bahasa Inggris dibagi menjadi tiga bentuk yaitu: masa lalu (Past), masa sekarang (Present), dan masa depan (Future). Suatu kalimat dalam bahasa Inggris akan berbeda-beda bentuknya sesuai dengan kapan kejadian dalam kalimat tersebut terjadi.

Jika dilanjutkan dan dijabarkan lebih jauh lagi, maka tenses dalam bahasa Inggris dapat dibagi menjadi 16 tenses. Walaupun terdengar cukup banyak, namun sebenarnya hanya berbeda sedikit-sedikit saja jika kamu sudah memahaminya. Untuk itu, mari kita lanjut ke pembahasan mengenai ke 16 tenses dalam bahasa Inggris tersebut.


1. Simple Present Tense

Simple present tense adalah tenses yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan simple present tense digunakan untuk menyatakan fakta, kebiasaan, ataupun kejadian-kejadian yang terjadi sekarang. Kalimat-kalimat simple present tense juga merupakan kalimat-kalimat awal yang diajarkan kepada orang yang baru belajar bahasa Inggris karena simple present tense cukup mudah untuk dipelajari.

Bentuk kalimat Simple Present Tense ini cukup sederhana, selalu terdiri dari:

Subject + Verb 1

Contoh kalimat simple present tense :

  • You are a work-harder
  • He is the most handsome boy in the class
  • We go to school every weekdays

2. Present Continuous Tense

Present continuous tense ini digunakan pada saat menunjukkan sebuah aksi, kegiatan, keadaan, ataupun kejadian yang sedang terjadi ketika percakapan berlangsung. Selain itu, present continuous tense juga dapat digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana yang akan dilakukan di masa depan.

Tenses ini dikenal juga dengan sebutan progressive tense. Disebut dengan progressive karena menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung.

Bentuk kalimat dari present continous ini biasanya terdiri dari:

S + be (Am/Is/Are) + Verb–ing (Continuous Form)

Contoh kalimat dari present continuous tense / present progressive tense yaitu:

  • Wow! they are meeting with the president.
  • Beni is cleaning the bathroom right now.
  • The plane is taking off in ten minutes.

3. Present Perfect Tense

Present Perfect Tense digunakan untuk memberitahukan suatu hal yang telah dikerjakan yang hasilnya masih terlihat atau masih dirasakan. Tense ini dapat juga dikatakan untuk menjabarkan dan menunjukkan suatu hasil  dari suatu kegiatan yang telah dilakukan dimasa lalu, dan telah selesai ataupun masih berlanjut sampai saat pembicaraan berlangsung.

Sederhananya, Present perfect tense ini berfungsi untuk menyatakan/menunjukkan suatu aksi yang baru diselesaikan atau masih berlangsung.

Bentuk kalimat dari present perfect tense yaitu seperti berikut:

S + Has / Have + Verb 3 (Past Participle)

Contoh kalimat dari present perfect tense yaitu:

  • I have read your book
  • we have lived in Medan since 2015
  • She has already eaten all the food

4. Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan atau menjabarkan suatu kegiatan, keadaan, atau kejadian yang terjadi dimasa lalu namun masih berlangsung hingga saat ini. Tense yang satu ini merupakan penggabungan dari present continuous tense dan present perfect perfect tenses.

Bentuk kalimat dari present perfect continuous tense yaitu seperti berikut:

S + Has/Have + Been + Verb -ing (Continuous Form)

Contoh kalimat dari present perfect continuous tense yaitu:

  • She has been living in the apartment since 1981.
  • The boy has been crying for 30 minutes.
  • The students have been studying the final exam’s materials for two weeks

5. Simple Past Tense

Simple past tense merupakan kebalikan dari simple present tense. Perbedaannya adalah, past tense menjabarkan suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi dimasa lalu. Bentuk kalimatnya pun tidak jauh berbeda dari simple present tense, hanya saja berbeda pada penggunaan verb nya.

Bentuk kalimat dari simple past tense yaitu seperti berikut:

S + Verb 2

Contoh kalimat dari simple past tense yaitu:

  • Last week, He always met her Girlfriend.
  • The school started at 08:00 a.m. yesterday
  • I gave you a bike last year

6. Past Continuous Tense

Past Continuous Tense digunakan untuk menceritakan kegiatan ataupun kejadian yang sedang terjadi di masa lalu / masa lampau. Biasanya past continuous tense digunakan ketika ada dua buah peristiwa/kejadian yang terjadi di masa lampau. Sehingga, selain kalimat past continuous tense, biasanya ada kalimat lain yang mengikuti atau diikuti.

Bentuk kalimat dari past continuous tense yaitu seperti berikut:

S + was/were + Verb -ing (Continuous Form)

Contoh kalimat dari past continuous tense yaitu:

  • Andi was reading the book when i entered the house.
  • My team was practicing all day yesterday
  • You were sleeping when I came to your home last night

7. Past Perfect Tense

Past Perfect Tense ini biasanya digunakan pada saat menuntukkan suatu kegiatan/kejadian yang terjadi sebelum kegiatan/kejadian lain berlangsung. Dapat juga dikatakan bahwa past perfect tense yaitu pada masa lalu terjadi dua kejadian yang mulai dan selesai tidak pada waktu yang bersamaan namun masih saling berhubungan..

Bentuk kalimat dari past perfect tense ini adalah seperti berikut ini:

S + Had + Verb 3 (Past Participle)

Contoh kalimat dari past perfect tense yaitu:

  • She broke my life after I gave everything to her
  • I had closed the door after you came inside
  • Before you slept last night, we had drunk all the soda.

8. Past Perfect Continuous Tense

Penggunaan Past Perfect Continuous Tense ini masih memiliki persamaan dengan past perfect tense, yaitu untuk mengungkapkan sebuah kejadian atau keadaan di masa lalu, dan telah selesai sebelum kejadian atau keadaan selanjutnya terjadi. Perbedaannya, Past perfect continuous tense lebih menekankan pada durasi dari kejadian tersebut.

Bentuk kalimat dari past perfect continuous tense ini adalah seperti berikut ini:

S + Had + been + Verb-ing (continuous)

Contoh kalimat dari past perfect continuous tense yaitu:

  • When the president came, they had been waiting for two hours
  • She had been studying in her room during the weekend
  • I was annoyed since we had been sitting there for more than 3 hour because the plane was delayed

9. Simple Future Tense

Simple future tense memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu aksi, kejadian, atau keadaan yang akan terjadi di masa depan. Selain itu, dapat juga digunakan untuk menunjukkan keputusan terhadap apa yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Bentuk kalimat dari simple future tense yaitu seperti berikut:

S + Will / be Going to + Verb 1 (present form)

Contoh kalimat simple future tense yaitu:

  • She is going to join teacher’s faculty after graduating from high school.
  • Andi will win the football competition
  • I am going to finish the work with him next week

10. Future Continuous Tense

Future Continuous Tense berfungsi untuk menyatakan / menunjukkan bahwa akan ada suatu kegiatan/keadaan yang terjadi di masa depan pada waktu tertentu. Sederhananya, dimasa yang akan datang, akan ada dua keadaan yang terjadi bersamaan.

Bentuk kalimat dari future continuous tense yaitu seperti berikut:

S + Will / be Going to + be + Verb-ing (continuous form)

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat future continuous tense yaitu:

  • She is going to be working when I arrive
  • Andi will be winning the football competition if you are the competitor
  • I am will be finishing the work at 9.00 p.m. tomorrow

11. Future Perfect Tense

Future Perfect Tense digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau keadaan yang akan selesai pada saat tertentu dimasa depan. Biasanya, kalimat dengan Future Perfect Tense ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah pasti akan terjadi di masa yang akan datang.

Bentuk kalimat dari future perfect tense yaitu seperti berikut:

S + Will +Have + Verb 3 (past participle)

Untuk lebih jelasnya, contoh kalimat future perfect tense yaitu:

  • Sheryl will have arrived at Jakarta at noon
  • Tejo will have finished the job at 3.00 p.m.
  • You will have left the office by the afternoon tomorrow

12. Future Perfect Continuous Tense

Future Perfect Continuous Tense memiliki konsep yang sama dengan jenis perfect continuous tense yang lainnya. Intinya yaitu, Future perfect continuous tense digunakan untuk mengungkapkan suatu keadaan/kegiatan yang akan terjadi dimasa depan bersamaan dengan keadaan/kegiatan lainnya. Namun, satu kejadian/keadaan tersebut sudah dimulai terlebih dahulu dan masih berlangsung ketika kejadian/keadaan berikutnya terjadi.

Bentuk kalimat dari future perfect continuous tense biasanya adalah seperti berikut:

S + Will + Have + Been + Verb-ing (Continuous Form)

Lebih jelasnya tentang future perfect continuous tense, dapat dilihat dari contoh-contoh berikut ini:

  • The Birds will have been eating the grains when you get there
  • Deni will have been Cooking for the family for the next two hours
  • Ivan will have been studying Arabic in Dubai for three months in the next semester

13. Simple Past Future Tense

Simple past future tense biasanya digunakan dalam kalimat tidak langsung. Fungsi dari simple past future tense yaitu untuk menyatakan kegiatan, keadaan, atau prediksi yang direncanakan dimasa lalu.

Bentuk kalimat dari simple past future tense ini yaitu:

S + Would + Verb 1

Berikut beberapa contoh dari simple past future tense:

  • Andi said that he would study harder than before
  • We promised that would forgive you if you work harder
  • She said that she would give me more tips if i come on time

14. Past Future Continuous Tense

Past Future Continuous Tense merupakan bentuk kalimat yang menjelaskan tentang keadaan imajiner/khayalan yang sedang berlangsung karena tidak terpenuhinya suatu hal. Bisa juga digunakan dalam kalimat tidak langsung untuk menjelaskan tentang sesuatu hal yang tidak terjadi/terpenuhi.

Bentuk kalimat dari past future continuous tense biasanya adalah:

S + Would + Be + Present Participle

Silahkan lihat contoh dari past future continuous tense berikut ini :

  • He would be cleaning the room if i was at home, but now i’m not at home.
  • we made a promise that we would be finishing the job next sunday.
  • Syakila would be singing in the ballroom last week.

15. Past Future Perfect Tense

Past Future Perfect Tense biasanya digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang seharusnya terjadi dimasa lalu, namun tidak terjadi karena sesuatu hal. Kalimat Past Future Perfect Tense ini lebih sering digunakan pada kalimat conditional sentences untuk menyatakan suatu kekesalan ataupun penyesalan. Bentuk kalimatnya pun juga biasanya berupa kalimat tidak langsung.

Rumus standar dari past future perfect tense yaitu seperti berikut:

S + Would / Should + Have + Verb 3 (Past Participle)

Contoh kalimat past future perfect tense adalah:

  • If he had gone to Jakarta for the meeting, they wouldn’t have finished the work
  • Andri told the customers that they should have come early this morning for the sale
  • We should have seen the King of Dangdut’s concert if we had bought the ticket earlier.

16. Past Future Perfect Continuous Tense

Past Future Perfect Continuous Tense berfungsi untuk menyatakan suatu keadaan yang seharusnya terjadi pada masa lampau, namun tidak terjadi karena ada sesuatu hal. Past Future Perfect Continuous ini tidak jauh berbeda fungsinya dengan Past Future Perfect Tense yaitu digunakan untuk menceritakan hal imajiner/khayal atau hal yang seharusnya terjadi. Bedanya adalah Past Future Perfect Continuous Tense lebih menekankan pada suatu kegiatan yang seharusnya sedang berlangsung dimasa lalu ketika ada keadaan lain yang terjadi.

Bentuk kalimat dari past future perfect continuous tense adalah sebagai berikut :

S + Would/ Should + Have + Been + Verb-ing (continuous form)

Contoh kalimat yang menggunakan past future perfect continuous yaitu:

  • By last week, Santi should have been working as the Manager of the Company
  • Andi would have been practicing five hours a day for the competition, unfortunately He got a car accident
  • You should have been coaching the team for the championships

Itulah ke 16 tenses pada bahasa Inggris yang wajib kita ketahui. Kita tidak harus menghapal semuanya karena para penutur asli (native speaker) sendiri kadang tidak hapal mengenai tenses tersebut, akan tetapi mereka tahu kapan menggunakan tenses-tenses tersebut. Yang terpenting untuk dipelajari adalah untuk memahami bagaimana cara untuk menyampaikan kalimat dengan makna yang benar.

Namun, bukan berarti kita boleh mengabaikan ke 16 tenses tersebut. Tenses merupakan pedoman bagaimana cara penggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Pada artikel-artikel lainnya akan dibahas lebih mendalam tentang ke 16 tenses tersebut sehingga kita dapat lebih memahami kapan tenses tersebut digunakan.


Baca Juga:
Verb 1, Verb 2, Verb 3
Regular and Irregular Verb
Pengertian Participle
Apa itu Conditional Sentence

Leave a Comment