Perbedaan Babysitter, Nanny, dan Governess

Apa yang ada dipikiran kamu ketika mendengar kata babysitter? Ya, pastinya pengasuh anak.

Lalu bagaimana dengan nanny, dan governess? Apakah sudah pernah dengar? Mungkin kedua kata tersebut tidak terlalu familiar karena jarang digunakan di Indonesia. Sebenarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang serupa dengan babysitter yaitu pengasuh anak. Hanya saja ada sedikit perbedaan mendasar dari pekerjaan yang dilakukan oleh ketiganya. Jadi, untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel ini ya!

Apa itu Babysitter

Makan bayi

Babysitter adalah pengasuh anak, lebih tepatnya bayi pada usia 0-2 tahun. Itulah sebabnya disebut dengan “baby” yang berarti bayi dan “sitter” yang berarti pengasuh. Pekerjaan yang dilakukan oleh babysitter tidak akan jauh dari perawatan bayi, seperti menemani bayi, memberi makan, mensterilkan botol susu, membuat MPASI, membersihkan tempat tidur bayi, memandikan, mengganti popok, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan perawatan bayi. Seorang babysitter biasanya adalah orang yang sudah berpengalaman atau sudah memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk melakukan pekerjaan tersebut. Bahkan di Kota-kota besar sudah ada jasa babysitter profesional yang sudah terstruktur dan terorganisasi dengan baik ditambah dengan pendidikan keperawatan yang sesuai.

Tapi tahukah kamu, orang Indonesia seringkali salah kaprah dalam penggunaan kata babysitter. Mungkin kamu juga pernah melihat kalimat seperti: “Dibutuhkan segera babysitter untuk mengasuh anak saya yang berumur 4 tahun“. Nah, jika anak sudah berumur 4 tahun, sepertinya sudah tidak bisa dikategorikan sebagai “baby” lagi, bukan?

Lebih tepatnya, jika anak sudah berumur diatas 2 tahun, maka kata yang tepat untuk pengasuhnya adalah nanny atau governess.

Apa itu Nanny

Membaca buku dengan anak (Babysitter)

Bila ingin mengatakan pengasuh anak dalam bahasa Inggris, sedangkan anak tersebut berumur 2 – 5 tahun, maka kata yang tepat adalah nanny. Jelas job desk dari seorang nanny akan sangat berbeda dengan babysitter. Seorang nanny harus mengasuh anak yang sedang lincah-lincahnya berjalan, berlari, melombat, dan kegiatan aktif lainnya. Nanny tidak hanya bertugas untuk mendampingi dan mengawasi seorang anak, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang anak dari segi fisik, emosional dan sosialnya. Bagaimana tidak, sebagian besar waktu anak akan dihabiskan bersama nanny.

Jadi, selain merawat anak, nanny juga harus mampu mendidik, mengarahkan, dan mengajarkan anak berbagai macam hal sesuai dengan kebutuhan anak di usia tersebut.

Apa itu Governess

Bermain bersama anak (Governess)

Peran governess sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nanny. Bahkan, banyak yang menyebut governess sebagai nanny. Perbedaannya hanyalah pada usia anak yang dirawat, yaitu 6 – 14 tahun. Pada usia tersebut, anak sudah memasuki tahap perkembangan yang akan menentukan bagaimana masa depannya nanti. Peran Governess, selain merawat anak, adalah membimbing dan mendidik anak selayaknya orang tua dan guru. Jadi setelah menyiapkan berbagai kebutuhan anak, governess masih terus mendampingi anak ketika dia belajar atau mengerjakan PR.

Sebenarnya tugas utama dari babysitter, nanny dan governess tidak jauh berbeda dan terkadang sulit untuk dibedakan. Tapi, agar tidak salah menggunakannya, kamu dapat membedakan ketiganya berdasarkan usia anak yang diasuh dan dirawat. Jadi jangan sampai salah lagi ya!

Sekian dulu pembahasan singkat kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Baca juga artikel lainnya ya!

Baca juga:
Kesalahan umum dalam penggunaan bahasa Inggris
Perlukah Grammar? Apakah Grammar itu penting?
15 cara lain untuk mengucapkan “Good Luck”
Ungkapan selain “I’m fine thank you”
gonna, wanna, gotta, kinda, dunno: Bahasa Inggris Gaul

Visited 51 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment