Verb Voice: Active dan Passive Voice dalam Bahasa Inggris

Setiap kata dalam bahasa Inggris dapat diklasifikasikan sebagai salah satu dari 8 part of speech. Verb merupakan salah satu dari 8 part of speech tersebut yang merujuk pada kegiatan, tindakan, atau perilaku dari sesuatu.

Verb ternyata juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya berdasarkan sifatnya yaitu active dan passive, atau berdasarkan perubahan bentuknya seperti bare infinitive, verb+s/es, verb 1 2 3, dan verb-ing.

Apa itu verb voice?

Pengertian verb voice adalah menyatakan suatu subject melakukan tindakan atau menerima tindakan. Sebuah kalimat dalam bahasa Inggris akan selalu memiliki subject dan verb, sehingga akan selalu ada pelaku dan tindakan/aksi yang dilakukan. Verb voice akan lebih mudah dipahami setelah dibagi menjadi dua, yaitu active voice dan passive voice.
Baca juga: Penjelasan lengkap active voice dan passive voice

Pengertian Active Voice

Active voice adalah sebuah kalimat yang menunjukkan bahwa subject melakukan suatu tindakan (pelaku tindakan/doer). Selain ada subject dan verb, kalimat active voice juga akan memiliki object yang menjadi penerima tindakan.

Contoh kalimat active voice adalah sebagai berikut:

  • I clean the pool every week.
    (Saya membersihkan kolamnya setiap minggu)
  • I have locked the door.
    (Saya telah mengunci pintunya)
  • She leaves the book in her office.
    (Dia meninggalkan buku itu di kantornya)

Pengertian Passive Voice

Passive voice merupakan kebalikan dari active voice yaitu kalimat yang menunjukkan bahwa subject menerima suatu tindakan (penerima tindakan/receiver). Jika pada active voice, object kalimat yang menerima tindakan, maka pada passive voice penerima tindakan adalah subject kalimat. Lebih tepatnya, object kalimat berpindah posisi dan menjadi subject kalimat.

Contoh kalimat passive voice adalah sebagai berikut:

  • The pool is cleaned by me every week.
    (Kolamnya dibersihkan oleh saya setiap minggu)
  • The door have been locked by me.
    (Pintunya telah dikunci oleh saya)
  • The book is left by her in her office.
    (Buku itu ditinggal olehnya di kantornya)

____________________

Baca juga:

Visited 17 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment