6 Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris

Apakah kamu sudah cukup yakin dengan kemampuan bahasa Inggris kamu? Lalu pernahkan kamu mengukur tingkatan kemampuan bahasa Inggris kamu melalui berbagai jenis tes?

Dalam rangka mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang, sudah banyak tes yang dirancang seperti TOEFL, TOEIC, TOEP, IELTS, dan sebagainya. Tapi tes tersebut hanya menunjukkan angka-angka saja, sehingga bagi sebagian orang akan sedikit membingungkan.

Lalu tahukah kamu kalau kemampuan berbahasa dibagi menjadi beberapa tingkatan?

Standar kemampuan berbahasa yang diakui secara Internasional adalah Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Awalnya, CEFR hanya diakui di Eropa, namun saat ini sudah menjadi semakin umum dan digunakan di seluruh dunia. Tingkatan kemampuan berbahasa dalam standar CEFR dibagi menjadi enam, mulai dari yang tingkat pemula hingga tingkat mahir.

Berikut ini penjelasan dari setiap tingkatan tersebut:

6 Tingkatan Kemampuan Berbahasa berdasarkan Standar CEFR

Enam tingkatan dalam standar CEFR adalah: A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced, dan C2 Proficient.

A1 Beginner

Level terendah dari tingkatan kecakapan bahasa Inggris pada standar CEFR adalah A1 atau lebih dikenal sebagai tingkatan Beginner (pemula). Pada level ini, kemampuan bahasa Inggris seseorang masih tergolong sangat rendah. Kosakata yang dikuasai hanyalah kata-kata dasar dan umum saja. Pada tingkatan ini juga, seseorang tidak akan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan tidak memahami hampir semua yang dikatakan orang lain dalam bahasa Inggris.

A2 Elementary

Pada level A2 atau elementary (dasar), seseorang biasanya sudah dapat berinteraksi dalam bahasa Inggris, walaupun masih sangat terbatas. Orang dengan tingkatan A2 atau elementary ini akan sangat baik berkomunikasi pada bagian-bagian bahasa tertentu yang dikuasainya, misalnya karena dia suka sepakbola maka dia akan menguasai lebih banyak kosakata tentang sepakbola dan dapat berinteraksi ketika membahas tentang sepakbola dalam bahasa Inggris. Namun, pada hal-hal atau topik-topik lain yang tidak dikuasainya, dia akan kesulitan untuk berinteraksi.

B1 Intermediate

Level B1 atau intermediate (menengah) mungkin merupakan tingkatan kemampuan bahasa Inggris ketika seseorang telah mampu menggunakan bahasa Inggris secara pasif dan aktif dalam topik-topik yang bervariasi. Biasanya juga pada level ini orang tersebut sudah mengetahui situasi percakapan apakah berbentuk formal atau informal. Walaupun masih memiliki batasan-batasan, namun pada level B1 Intermediate orang tersebut sudah mampu mengungkapkan pendapatnya dengan baik dan memahami ucapan orang lain dalam bahasa Inggris.

B2 Upper Intermediate

Level B2 atau upper intermediate (menengah atas) sebenarnya masih serupa dengan level B1 intermediate, bedanya pada level B2, seseorang akan mampu menggunakan bahasa Inggris yang lebih kompleks secara aktif seperti berpidato atau membuat teks terstruktur dalam bahasa Inggris. Biasanya pada level ini sudah tidak ada kendala dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Namun pada beberapa hal, orang pada level ini mungkin masih menggunakan bahasa Ibunya dan kemudian menerjemahkannya kedalam bahasa Inggris, atau masih memiliki pola bahasa seperti bahasa Ibunya yang terkadang tidak sesuai dengan bahasa Inggris.

C1 Advanced

Level bahasa Inggris C1 Advanced (lanjutan) merupakan tingkatan yang sudah cukup tinggi. Pada level ini, seorang pengguna bahasa Inggris sudah dapat secara sepenuhnya berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Bahkan mampu memahami ucapan ataupun tulisan yang sangat kompleks. Biasanya, bahasa Inggris tingkat C1 Advanced diharuskan bagi para akademisi dan profesional sehingga mereka mampu berkomunikasi dalam beragam topik dengan fasih dan percaya diri.

C2 Proficient

Level tertinggi bahasa Inggris pada standar CEFR adalah C2 atau Proficient. Pada tingkatan ini, seseorang dianggap setara dengan penutur asli atau native speaker sehingga tidak akan ada masalah dalam penggunaan bahasa Inggris. Jadi dalam tingkatan tertinggi ini, seseorang akan mampu menggunakan bahasa Inggris dalam situasi dan kondisi apapun.

____________________

Bagaimana cara mengetahui level CEFR saya?

Cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui level CEFR kamu adalah dengan mengikuti tes standar yang dirancang dengan baik. Ada banyak penyelenggara yang menyediakan tes tersebut secara offline dan online. Silahkan cari yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biasanya tes akan diberikan dalam waktu satu jam. Setelah tes tersebut selesai, level CEFR kamu akan segera diberitahukan.

Kamu juga bisa mengikuti tes lainnya seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, ataupun TOEP.

Jika dilihat dari persaman level CEFR dengan standar nilai TOEFL, dapat diasumsikan jika nilai tes TOEFL untuk beasiswa luar negeri adalah minimal 550, maka dengan nilai TOEFL 550 tersebut kamu sudah setara dengan level C1 Advanced. Kemungkinan untuk level B2 Upper intermediate adalah pada rentang score TOEFL 450 s.d. 500. Sisanya silahkan kamu asumsikan sendiri untuk level-level lainnya.

____________________

Baca juga:

Visited 42 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment