Bahasa Inggris “Tetap Semangat”

Memberikan kalimat supportive atau dukungan kepada orang lain adalah hal yang cukup sering kita lakukan. Kalimat-kalimat sederhana yang biasa kita gunakan seperti: ayo semangat, tetap semangat, jangan menyerah, dan maju terus. Lalu bagaimana men-translate kata atau frasa tersebut ke bahasa Inggris?

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah dengan secara langsung men-translate kata/frasa tertentu menggunakan aplikasi seperti Google Translate atau yang lainnya. Sayangnya, beberapa jenis frasa tidak bisa secara langsung diterjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya. Contohnya seperti slang words dan idioms yang memiliki arti yang tidak seperti apa yang diterjemahkan oleh kamus atau aplikasi penerjemah.
Baca juga: 7 kesalahan Bahasa Inggris yang salah dan harus dihindari

Contoh terjemahan bahasa Inggris yang salah dari “tetap semangat” adalah “Keep Spirit”. Walaupun sering digunakan oleh orang Indonesia dan dapat dipahami, ternyata frasa keep spirit tidak pernah digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris. Lalu apa bahasa Inggrisnya “tetap semangat”? berikut ini beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan:

Don’t give up

Arti: “Jangan menyerah”

Don’t give up dapat kamu gunakan ketika memberikan semangat pada orang lain agar terus berusaha dan jangan menyerah terhadap sesuatu hal.

Hang in there

Arti: “Bertahanlah”

Hang in there memiliki makna yang hampir serupa dengan don’t give up. Kamu bisa menggunakan frasa ini untuk menyemangati seseorang yang kehilangan semangat sehingga dia terus bertahan dan tidak menyerah.

Keep fighting

Arti: “Teruslah berjuang”

Keep fighting juga sering digunakan saat memberikan semangat kepada orang lain, terutama untuk orang yang sedang memperjuangkan sesuatu.

Keep pushing

Arti: “Teruslah berjuang”

Walaupun jika diartikan secaral literal atau harfiah “keep pushing” berarti “teruslah mendorong”, namun dalam penggunaannya sehari-hari keep pushing dimaknai menjadi “teruslah berjuang”. Hal ini karena perjuangan itu diibaratkan seperti mendorong suatu beban sampai ke tujuannya.

You’re almost there

Arti: “Kamu hampir sampai”

Untuk memberikan semangat dalam bahasa Inggris kepada orang lain salah satunya adalah dengan kalimat “You are almost there”. Kalimat ini dapat digunakan untuk meyakinkan dan menyemangati orang lain serta memberitahukannya bahwa pekerjaan yang dilakukannya tidaklah sia-sia dan dia akan sampai/berhasil jika mau berjuang sedikit lagi.

You’re on the right track

Arti: “Kamu di jalan yang benar”

Orang yang patah semangat biasanya akan cenderung mempertanyakan apakah dia sudah melakukan pekerjaannya dengan benar. Kalimat “you are on the right track” dapat memberikan semangat kepada orang tersebut karena ada orang yang menyatakan bahwa dia sudah melakukan hal yang benar.

I’ll support you either way

Arti: “Aku akan tetap mendukungmu”

Cara lain mengatakan “tetap semangat” dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menggunakan kalimat “I’ll support you either way”. Kalimat ini secara langsung menyatakan bahwa kamu akan selalu mendukung seseorang dengan harapan dia akan semakin termotivasi dan bersemangat.

You can do it

Arti: “Kamu bisa melakukannya”

Frasa “you can do it” merupakan salah satu kalimat pemberi semangat dalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Kalimat seperti “Come on! You can do it!” adalah kalimat penyemangat yang digunakan pada banyak situasi, misalnya saat seseorang sedang mengalami masa-masa sulit, sedang berlomba dengan orang lain, sedang berusaha menyelesaikan sesuatu, dsb.

Stay strong

Arti: “Kuatlah”

Stay strong bisa digunakan untuk menyemangati orang lain. Arti kata stay strong yaitu “kuatlah” atau sering juga diartikan “tetaplah kuat”. Biasanya kalimat penyemangat ini digunakan untuk orang-orang yang sedang berjuang dalam suatu hal yang cukup sulit, penuh cobaan dan tantangan.

_______________

Itulah beberapa cara memberikan semangat dalam bahasa Inggris yang bisa kamu sampaikan kepada seseorang yang sedang berjuang atau mengalami masa-masa sulit. Walaupun kalimat tersebut terkesan sederhana dan hanya sekedar basa-basi, kalimat tersebut dapat menjadi sangat bermakna jika kita tulus mengucapkannya. Harapannya orang yang kita beri semangat akan terus berjuang dan sukses menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya.

Demikianlah cara mengucapkan “tetap semangat” dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa baca juga artikel lainnya di english5menit.com dan tingkatkan kemampuan serta pengetahuan kamu tentang bahasa Inggris.

Baca juga:

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Comment